Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Stunting dan Pencegahan Pernikahan Usia Anak

Diperbarui: 11 Agustus 2023   01:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

LOMBOK TENGAH. Kelompok KKN PMD UNRAM Desa Teratak mengadakan kegiatan sosialisasi dengan mengangkat tema " Pencegahan Stunting dan Pernikahan Usia Anak" Kegiatan ini salah satu bentuk kontribusi kelompok KKN PMD UNRAM Desa Teratak dalam mencegah stunting dan pernikahan usia anak di Desa Teratak. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2023.Dalam kegiatan ini kelompok KKN PMD UNRAM 2023 menyasar para Kader PKK, Posyandu dan beberapa Siswa dan siswi yang ada di Desa Teratak sebagai peserta pada kegiatan sosialisasi tersebut. 

Hal ini ditujukan karena para Kader Posyandu, PKK dan para Siswa dan Siswi berpeluang lebih besar dalam mencegah stunting juga pernikahan usia anak.Pada kegiatan tersebut pihak KKN PMD UNRAM 2023 mengundang pembicara yang merupakan Duta GenRe Putri NTB 2023 dan ditunjuk oleh BKKBN, Dalam  materi yang disampaikan Duta GenRe Putri NTB 2023, Menjelaskan bagaimana dampak dari pernikahan usia anak juga faktor penyebab dari maraknya kasus pernikahan usia anak. 

Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah kurangnya kontrol dari orang tua kepada anak. Lebih lanjut pemateri juga menjelaskan bahwa pernikahan usia anak menjadi salah satu penyebab dari tingginya angka stunting, Ini disebabkan oleh ketidak siapan orang tua untuk membesarkan anak karna faktor ekonomi dan juga faktor lainnya yang menyebabkan kemungkinan anak terkena stunting semakin tinggi, yang dimana sering terjadi pada pasangan muda yang melakukan pernikahan usia di bawah umur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline