Lihat ke Halaman Asli

tegarsianipar

"Si Vis Pacem, Para Bellum"

Memakai Filsafat Tan Malaka Dalam Memaknai Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 22 Agustus 2023   10:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto Tan Malaka sedang duduk di kursi (sumber : KabarKampus.com)


"Tuan rumah tak akan berunding dengan maling yang menjarah rumahnya"

-Tan Malaka

Begitulah saya akan mengingat selalu filosofi yang diucapkan Tan Malaka, Filosofi ini bukan hanya bisa dipakai dalam situasi penjajahan namun bisa dipakai juga dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh, bagi saya rumah itu adalah ketenangan, kedamaian, kesunyian, dan keheningan maka hal apapapun itu yang berusaha mencurinya dari kedalaman batin saya, saya akan melawannya, entah itu kemiskinan, ketidakadilan, kebodohan, atau semacamnya.

Saya adalah tuan rumah bagi batin, hati, jiwa dan pikiran saya tidak akan rela siapapun orangnya yang mau merampas itu dalam kehidupan saya, jika itu berusaha dirampas maka saya akan melawannya, seperti yang dikatakan Tan Malaka.

Hidup hanya sekali, tidak dua kali, atau tiga kali. Sudah sekali singkat pula, rata-rata umur manusia Indonesia berapa sih sekaran?, rata-ratanya mungkin ada di 60 tahunan, mungkin kah setelah sudah tahu realitas itu saya akan mengorbankan kedamaian saya, membiarkan diri saya dirampas, diacak-acak, pikiran saya dibuat hancur, tentu tidak. Kita harus melawan.

Jika umur sudah lebih dari 60, bersyukurlah kepada Tuhan yang baik, 70,80,90, 100?, amin untuk itu.

Sudah hampir 1 abad ucapan Tan Malaka itu sejak diucapkannya, mungkin di umur 20-30an ia ucapkan kalimat itu, namun masih sangat membakar semangat untuk orang-orang yang tidak mau dijarah sampai mati.

Tan banyak membantu pemikiran saya tentang semangat perlawanan, bahkan walau saya tidak pernah mengenalnya saya tetap hidup dan semangat jika mendengar kalimat-kalimatnya.

Semoga Tan Malaka damai di surga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline