Lihat ke Halaman Asli

Tegar Setya

Mahasiswa

Inventarisasi Koleksi Pojok Baca Desa Bengle oleh Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2023/2024 di Desa Bengle

Diperbarui: 20 Agustus 2024   07:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi kegiatan program kerja

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim II Tahun Akademik 2023/2024. Ratna Indra Wati melakukan inventarisasi pada koleksi yang ada di pojok baca Desa Bengle. Sebelumnya belum ada inventarisasi koleksi di pojok baca karena pojok baca tersebut baru dibangun pada agustus baru-baru ini. Dilaksanakannya inventarisasi ini bertujuan membantu dalam mengetahui efektivitas koleksi terhadap kebutuhan informasi pengguna, sehingga perpustakaan/pojok baca dapat menyediakan koleksi yang relevan dan efektif.

Inventarisasi koleksi adalah kegiatan pencatatan atau pendaftaran barang-barang yang dimiliki oleh suatu perpustakaan, seperti buku, majalah, dan bahan non-buku lainnya. Beberapa tujuan dari inventarisasi koleksi adalah salah satunya membuat koleksi terdaftar sebagai aset perpustakaan. Informasi yang tidak akurat atau tidak lengkap mengenai inventaris yang dapat menyebabkan kesalahan dalam pengelolaan koleksi. Hak cipta juga dapat menjadi sebuah hambatan dalam proses digitalisasi dan pelestarian koleksi, terutama untuk koleksi dengan status buku tanpa kepemilikan hak cipta yang jelas.

Kegiatan inventarisasi dilaksanakan dari tanggal 15 Agustus 2024 s.d. 17 Agustus 2024, kegiatan ini dilakukan secara bertahap karena banyaknya koleksi pojok baca sehingga sangat memakan waktu. Kegiatan ini hanya disasarkan pada koleksi buku yang ada di pojok baca mulai dari stempel buku hingga penomoran buku.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline