Lihat ke Halaman Asli

Tegar Aditya Nugraha

Crypto enthusiast

Sebab dan Akibat Perang Dunia II: Merubah Dunia Selamanya

Diperbarui: 17 Februari 2023   22:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar oleh Myra Miller dari Pixabay

Perang Dunia II adalah konflik militer global yang terjadi antara tahun 1939 hingga 1945. Konflik ini mempengaruhi seluruh dunia dan memiliki dampak yang sangat besar pada politik, ekonomi, dan masyarakat di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa sebab dan akibat penting dari Perang Dunia II.

Sebab:

1. Kebijakan Perdamaian

Setelah Perang Dunia I, banyak negara-negara Barat mengadopsi kebijakan perdamaian, seperti negara-negara Eropa yang mendirikan Liga Bangsa-Bangsa untuk mencegah perang. Namun, kebijakan perdamaian ini tidak cukup untuk mencegah Perang Dunia II, terutama setelah terjadinya resesi besar di seluruh dunia pada tahun 1930-an.

2. Penyebaran Nazisme

Gerakan Nazi di Jerman menghasilkan kebijakan dan tindakan yang sangat agresif di luar negeri. Pemimpin Jerman, Adolf Hitler, mencari kekuasaan dan pengaruh di seluruh Eropa dengan menguasai wilayah-wilayah tetangganya, seperti Austria dan Cekoslowakia. Hal ini memicu respons keras dari negara-negara Eropa lainnya, yang pada akhirnya memicu Perang Dunia II.

3. Serangan Jepang di Pearl Harbor

Pada 7 Desember 1941, Jepang menyerang pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawaii. Serangan ini menyebabkan Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia II, dan memicu perang antara Amerika Serikat dan Jepang di Pasifik.

Akibat:

1. Jutaan Jiwa Tewas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline