Lihat ke Halaman Asli

Best Practice: Penerapan Strategi KWL untuk Meningkatan Capaian Reading Comprehension Siswa dikelas VIII-C SMP Negeri 3 Bayongbong

Diperbarui: 24 Januari 2023   23:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

File PDF: Link Google Drive

Dimuat juga di : Blog SMPN 3 Bayongbong


I. Situasi
A.   Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

Kondisi yang menjadi latar belakang adanya upaya praktik pembelajaran ini adalah untuk menyelesaikan masalah "rendahnya capaian kemampuan reading comprehension siswa".

Sebagaimana yang sudah dikaji penulis dalam tahapan kegiatan mengeksplorasi penyebab masalah berdasarkan hasil observasi lapangan yang didukung dengan kajian literatur dan hasil wawancara baik bersama rekan sejawat, kepala sekolah maupun pengawas, diketahui bahwa ada beberapa faktor yang menjadi penyebab "rendahnya capaian kemampuan reading comprehension siswa" diantaranya sebagai berikut :

1. Guru masih menggunakan model pembelajaran yang keliru dalam pembelajaran bahasa yaitu masih menggunakan model pembelajaran scientific bukan Genre Based Approach (GBA)

2. Pemahaman siswa dalam membaca kurang karena siswa belum mendapat strategi pembelajaran yang cukup untuk meningkatkan kemampuan reading comprehension siswa,

3.    Penggunaan media pembelajaran yang masih sangat terbatas dan kurang interaktif,

4.    Kurangnya pemanfaatan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, dimana di dalam kurikulum menekankan untuk melaksanakan pembelajaran berbasis TPACK.

B.  Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline