Lihat ke Halaman Asli

Penanaman Nilai Pancasila dan Pelatihan Pembuatan Konten Kreatif Bagi Pelajar SMP N 2 Banyubiru

Diperbarui: 17 Desember 2023   14:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

Pada era globalisasi ini, tantangan dalam melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal, termasuk nilai-nilai Pancasila, semakin kompleks, hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi yang tersebar dalam masyarakat terutama para generasi muda. Tantangan inilah yang menjadi concern utama pada perkembangan para penerus bangsa.

Selain itu, dengan adanya perkembangan teknologi juga membawa dampak positif terbukti dengan banyak orang yang mulai membuat konten dengan bantuan berbagai aplikasi yang ada di berbagai platform. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa yang berpartisipasi dalam Program KKN GIAT 6 UNNES kami memilih fokus pada penanaman nilai-nilai Pancasila pada generasi muda melalui pelatihan pembuatan konten kreatif dan poster via aplikasi canva.

Untuk menindaklanjuti program tersebut Tim GIAT 6 UNNES Desa Kebumen bekerja sama dengan pihak SMP N 2 Banyubiru untuk mengadakan kegiatan pelatihan dan lomba pembuatan konten kreatif bertema pancasila di SMP N 2 Banyubiru, Desa Kebumen, Kecamatan Banyubiru pada hari Rabu (10/11/2023).

dokumen pribadi

“Program ini memiliki tujuan untuk menanamkan nilai nilai pancasila dan mengembangkan skill dalam mebuat konten kreatif dari para pelajar SMP N 2 Banyubiru” ujar Khonsa selaku penanggung jawab program ini.

Pelatihan ini diawali dengan pemaparan materi tentang nilai-nilai pancasila dan pedoman dalam bermedia sosial, setelah itu dilanjut dengan pelatihan pembuatan poster via aplikasi canva. Pemilihan pelatihan penggunaan aplikasi canva ini dikarenakan aplikasi tersebut yang paling simple, lengkap, dan mudah untuk dipelajari.

dokumen pribadi

Selain itu Tim Giat 6 desa Kebumen juga mengadakan lomba pembuatan poster dengan tema nasionalisme dan pancasila sebagai bentuk perayaan hari pahlawan dan monitoring serta luaran dari pelatihan pembuatan poster via canva di atas. Yang mana respon dari para pelajar  dan guru dari SMP N 2 Banyubiru sangat positif akan lomba tersebut. Hasil dari lomba tersebut didapatkan 3 juara dengan poster terbaik, kreatif, dan paling sesuai dengan tema lomba.

Setelah program ini dilaksanakan diharapkan para pelajar mampu menerapkan nilai- nilai pancasila yang ada di kehidupan mereka serta menyebarkan ke masyarakat luas dan mampu untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam membuat konten kreatif terutama dalam pembuatan poster. GIAT 6 UNNES “Bersama UNNES Giat, Membangun Indonesia dari Desa”




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline