Lihat ke Halaman Asli

Tim Giat 6 UNNES Mengadakan Pelatihan Manajemen dan Laporan Keuangan pada BUMDes Desa Kebumen

Diperbarui: 14 Desember 2023   05:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Keberadaan Bumdes, atau Badan Usaha Milik Desa, menjadi salah satu komponen wajib dalam penggunaan dana desa di seluruh Indonesia,  Tujuan utama dari Bumdes adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pemberdayaan ekonomi dan optimalisasi pengelolaan sumber daya lokal. Dengan berbagai bentuk usaha yang dapat dijalankan, seperti pertanian, perikanan, pariwisata, dan lainnya, Bumdes bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mengurangi tingkat kemiskinan di tingkat desa.

Desa Kebumen Kecamatan Banyubiru memiliki beberapa unit usaha BUMDes yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan dari desa, Melihat hal tersebut Mahasiswa Giat 6 UNNES  yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kebumen, mengadakan program untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal dengan mengadakan Pelatihan Manajemen dan Laporan Keuangan bagi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Desa Kebumen, Kecamatan Banyubiru pada tanggal 28 Oktober 2023.

Dalam semangat keterlibatan mahasiswa sebagai agen perubahan, pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas manajerial Bumdes dalam mengelola kegiatan usaha secara efisien dan transparan. Para peserta, terdiri dari pengurus Bumdes dan masyarakat setempat, dilatih dengan pengetahuan praktis mengenai perencanaan bisnis, manajemen keuangan, serta penyusunan laporan keuangan yang sesuai akidah akuntansi.

"Ide diadakannya pelatihan ini bermula dari diskusi kami dengan kepala Desa Kebumen terkait dengan kondisi kepengurusan BUMDes desa Kebumen dan kami sebagai mahasiswa KKN melihat besarnya masalah serta potensi yang dimiliki Bumdes ini dalam mendorong pembangunan desa. Kami ingin berkontribusi secara proaktif dengan mengajarkan ilmu dan keterampilan manajemen kepada para pengelola Bumdes sehingga mereka bisa mengelola bisnis desa dengan lebih baik."

Ujar Tedi Yusuf Pradana selaku koordinator tim Giat 6 UNNES Desa Kebumen.

Pelatihan ini tidak hanya menjadi sebagai tempat untuk sharing pengetahuan, tetapi juga akan melibatkan sesi diskusi interaktif, simulasi kasus, dan pertukaran pengalaman untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait manajerial dari BUMDes.

Harapannya dengan adanya pelatihan ini kinerja pengelolaan manajemen dari BUMDes Desa Kebumen akan menjadi lebih baik lagi dan mampu membawa kesejahteraan bagi seluruh warga Desa Kebumen, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

"Bersama UNNES GIAT, Membangun Indonesia dari Desa"

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline