Lihat ke Halaman Asli

UNDIKSHA

jurnalis

Undiksha dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung Berbagi Pengalaman Pengelolaan Keuangan

Diperbarui: 27 Juli 2023   09:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

undiksha.ac.id

Singaraja, 27 Juli 2023 - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menerima kunjungan istimewa dari Universitas Islam Indonesia (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung pada Jumat, 21 Juli 2023. Rombongan dari UIN Sunan Gunung Djati yang dipimpin oleh Koordinator Bagian Keuangan dan Akuntansi Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. H. Aep Syaefudin Firdaus, M.Pd, diterima dengan hangat oleh Kepala Biro Keuangan dan Umum Undiksha, Ni Luh Wayan Yasmiati, S.H., M.Pd. Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan sharing terkait pengelolaan keuangan antara kedua perguruan tinggi.

Dalam pertemuan tersebut, Dr. H. Aep Syaefudin Firdaus menyampaikan bahwa kunjungannya ke Undiksha merupakan langkah penting karena UIN Bandung dan Undiksha memiliki status Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum (PTN-BLU) yang sama. Kedua universitas ini memiliki banyak kesamaan dari segi regulasi dan orientasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terutama dalam hal pengelolaan keuangan, UIN Sunan Gunung Djati sangat tertarik untuk memperoleh wawasan dari Undiksha, terutama mengenai pengelolaan dana BLU yang efektif dan efisien.

"Dalam kunjungan ini, kami dan tim UIN Sunan Gunung Djati banyak mendapatkan ilmu untuk mengelola dana BLU dengan lebih baik. Undiksha memiliki sistem penghubung ke aplikasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) yang bernama Sistem Perencanaan dan Pengeluaran (SIPEPENG) Undiksha. Inovasi ini telah terbukti meminimalisasi risiko-risiko kesalahan dalam pengelolaan keuangan," ungkap Syaefudin Firdaus.

Pihak UIN Sunan Gunung Djati berencana untuk membentuk tim kecil guna mengembangkan aplikasi serupa bersama Undiksha. Kerjasama ini diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah dalam pengesahan BLU dan meningkatkan transparansi dalam pengelolaan keuangan.

Sementara itu, Kepala Biro Keuangan dan Umum Undiksha, Ni Luh Wayan Yasmiati, memberikan apresiasi atas kepercayaan UIN Sunan Gunung Djati yang memilih Undiksha sebagai tujuan sharing terkait pengelolaan keuangan. Yasmiati menegaskan komitmen Undiksha dalam terus memperbaiki tata kelola keuangan universitas agar semakin efektif, efisien, dan tetap mengedepankan akuntabilitas.

"Dengan pengembangan sistem-sistem yang tepat, Undiksha berharap dapat meminimalisir risiko-risiko yang terkait dengan pengelolaan keuangan, baik pada tahapan penerimaan maupun pengeluaran," ujar Yasmiati.

Kedua universitas ini, UIN Sunan Gunung Djati dan Undiksha, berharap dapat saling berkolaborasi dan bekerjasama dalam berbagai bidang untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan masing-masing. Keduanya memiliki visi untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) yang unggul dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan bangsa.

Dengan semangat bersama, UIN Sunan Gunung Djati dan Undiksha berkomitmen untuk terus berinovasi dan bekerja keras demi mencapai prestasi gemilang dalam pendidikan tinggi di Indonesia.

Artikel ini telah terbit pada laman undiksha.ac.id dengan judul: Terima Kunjungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Undiksha "Sharing" Pengelolaan Keuangan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline