Lihat ke Halaman Asli

Satu Faktor Penting yang Mempengaruhi Kesuksesan Perusahaan Startup

Diperbarui: 3 Maret 2016   10:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ada banyak alasan yang menyebabkan kegagalan sebuah perusahaan startup. Beberapa dari mereka gagal karena kurangnya dana. Beberapa gagal karena pertumbuhan pendapatan tidak cukup cepat, sementara yang lain gagal karena produk mereka tidak berakhir menjadi seperti yang mereka harapkan. Namun, kasus kegagalan tersebut tidak mencerminkan dengan jelas apa yang sebenarnya menjadi kesalahan perusahaan startup. Ancaman kegagalan terus “menghantui” para pengusaha startup karena tak ada jalan pintas atau formula khusus untuk kesuksesan mereka.

Pengusaha Bill Gross meneliti beberapa perusahaan dan mengevaluasi mereka ke dalam lima kategori yang berbeda dalam menentukan kesuksesan startup. Kategori ini meliputi jumlah modal yang diinvestasikan perusahaan, kekuatan ide di balik bisnis, proses eksekusi sebuah ide, kualitas karyawan dan terakhir adalah waktu, apakah ide bisnis diluncurkan pada saat pelanggan tertarik dan siap akan hal tersebut.

Kebanyakan orang akan mengira bahwa suntikan modal dan originalitas ide menjadi faktor yang paling penting. Namun anehnya, waktu ternyata menjadi faktor yang terpenting yang menyebabkan keberhasilan sebuah perusahaan startup berdasarkan hasil penelitian Bill Gross. Singkatnya, waktu adalah titik make-or-break dalam pengembangan sebuah startup.

Pertimbangkan skenario dimana semua hal sempurna bagi bisnis Anda untuk tumbuh; ide bagus, model bisnis yang sangat baik, lebih dari cukup dana dan tim berbakat serta berpengalaman. Namun, jika ide bisnis datang terlalu awal atau pasar tidak siap untuk itu, pelanggan tidak akan mengadopsi bisnis Anda. Demikian pula bisnis Anda tidak dapat berjalan jika ide Anda datang terlambat atau sudah ada banyak pesaing di pasar.

Di sisi lain, bayangkan skenario sebaliknya ketika segala sesuatu tampak kurang: keadaan oke tetapi idenya tidak begitu “wah”, model bisnis kurang sempurna, tidak cukup dana untuk menjaga operasional dan beberapa karyawan yang berdedikasi tidak sepenuhnya yakin dengan apa yang mereka lakukan. Namun, jika waktu perilisan ide bisnis sempurna, yang berarti orang-orang memiliki kebutuhan yang kuat terhadap produk Anda dan Anda juga telah memasuki pasar sebelum orang lain, maka akan memberikan hasil yang berbeda. Hal ini akan menghasilkan pendapatan yang tinggi sehingga dapat memberikan uang tunai yang cukup untuk menyelesaikan masalah pendanaan dan menyempurnakan model bisnis Anda. Karenanya juga, Anda sekarang dapat mempekerjakan sebuah tim yang lebih baik, dan akhirnya bisnis akan tumbuh dan menjadi lebih baik dengan dukungan dari konsumen Anda.

Waktu adalah salah satu faktor penting untuk keberhasilan sebuah startup yang tidak dapat digantikan jika perusahaan lebih fokus pada faktor bisnis lainnya. Memiliki model bisnis yang baik, ide, modal yang cukup dan tim berbakat akan meningkatkan peluang keberhasilan tetapi dengan tidak adanya waktu, bisnis akhirnya akan gagal atau setidaknya harus banyak berjuang.

Kelemahan terbesar untuk argumen ini adalah tidak ada cara yang tepat dalam menentukan sebuah “waktu”. Penelitian pasar dapat dilakukan untuk menentukan target demografi serta persaingan yang ada, namun tidak dapat memprediksi waktu secara akurat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline