Lihat ke Halaman Asli

Fajar Pujianto

SKM Indonesia

Penggiat Literasi TBM Banyumas Belajar Jurnalistik

Diperbarui: 24 Agustus 2020   08:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Purwokerto- Pegiat literasi perlu membuat narasi positif di era digital sekarang ini. Apalagi saat pandemi Covid-19 dimana hampir seluruh kegiatan bersifat online, maka perlu dimanfaatkan secara maksimal oleh para pegiat literasi. Tak terkecuali bagi pegiat literasi TBM di Kabupaten Banyumas. Sebanyak 20 pegiat literasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kabupaten Banyumas pun belajar membuat konten positif yang menarik, yaitu tentang jurnalistik.

Dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Forum TBM Kabupaten Banyumas di SKB Purwokerto, Sabtu (22/8), Hanan Wiyoko selaku narasumber memberikan materi cara membuat berita yang baik. Selain itu, Hanan juga mengajak peserta untuk berdiskusi dan sharing best practice bagaimana pegiat literasi berkegiatan di tengah masih rendahnya budaya membaca dan menulis.

"Kebiasaan menulis memang berkaitan erat dengan kebiasaan membaca. Paling tidak setiap hari menyempatkan 15 menit untuk membaca. Kalau mudah ngomong, kenapa menulis sulit?" ucap Hanan yang juga menjabat sebagai Komisioner KPU Banyumas.

"Keterampilan menulis memang perlu dilatih, dibiasakan, dan diasah supaya tetap bisa konsisten menulis. Tantangnnya pada era digital ini adalah membuat dan memperbanyak narasi positif. Ya, menulis berita tidak jauh-jauh dari 5w1h dan juga piramida terbalik. Pada kesempatan ini juga kami berdiskusi dan sharing best practice bagaimana pegiat literasi berkegiatan di tengah masih rendahnya budaya membaca dan menulis," katanya yang juga eks wartawan.

Fajar Pujianto selaku ketua Forum TBM Kabupaten Banyumas berharap setelah kegiatan tersebut peserta bisa mengaplikasikannya di TBM masing-masing. 

"Ya, saya berharap agar para peserta dapat mengaplikasikan ilmunya di TBM masing-masing. Minimal mereka bisa membuat berita kegiatan setiap kegiatan yang mereka adakan. Dan setelah kegiatan ini ada tindak lanjutnya, yaitu belajar melalui daring di Whatsapp grup dan pertemuan berikutnya yang didampingi oleh Mas Hanan," ungkapnya yang juga berkegiatan literasi di SKM Indonesia dan menjadi  Pendamping Lokal Desa di Kecamatan Cilongok.

"Terima kasih kami sampaikan  kepada pihak SKB Purwokerto yang telah membantu mensukseskan acara. Terima kasih juga kepada pihak sponsor, pemateri, FTBM Banyumas, dan para pegiat literasi perwakilan masing-masing TBM. Peserta memang kami batasi mengingat belum diperbolehkannya berkerumun dalam satu ruangan dengan jumlah yang banyak. Semoga FTBM Banyumas semakin maju dan baik secara manajemen," pungkas Hary Setiawan selaku ketua panitia pelatihan jurnalistik FTBM Banyumas. (FP)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline