Lihat ke Halaman Asli

Yuk, Kenali Sexual Masochism Disorder

Diperbarui: 24 Januari 2016   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mungkin ada yang pernah mendengar istilah pedofil, eksebisionis, fetishism, masochism dan sebagainya kan? Sebenarnya beberapa istilah tersebut merupakan bagian dari salah satu ekspresi seksual yang disebut dengan nama “Paraphilias”. Beberapa gangguan yang termasuk ke dalam kelompok paraphilia diantaranya fetishisme, fetishisme transvestik, pedofilia, incest, voyeurisme, eksibisionisme, froteurisme, sadisme dan masokisme. Dalam artikel ini saya akan mencoba membahas mengenai Sexual Masochism Disorder dimana gangguan tersebut termasuk kedalam salah satu tipe dari kelompok Paraphilia.

Gambaran Singkat mengenai Paraphilia

Dalam DSM IV TR, paraphilia adalah sekelompok gangguan yang mencakup ketertarikan seksual terhadap objek yang tidak wajar atau aktivitas seksual yang tidak pada umumnya. Dengan kata lain, terdapat deviasi (para) dalam ketertarikan seseorang (philia). Fantasi, doronganm atau perilaku harus berlangsung setidaknya selama 6 bulan dan menyebabkan distress. Seseorang dapat memiliki perilaku, fantasi, dan dorongan seperti yang dimiliki seorang paraphilia namun tidak didiagnosis menderita paraphilia jika fantasi atau perilaku tersebut tidak berulang atau bila tidak mengalami distress karenanya.

Dalam artikel ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai pengertian, ciri gangguan, perspektif biopsikososiokultural terhadap gangguan dan prevensi yang dapat dilakukan untuk mencegah hal itu terjadi,Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.

Apa sih Sexual Masochism Disorder itu?

Gangguan masokisme seksual merupakan kondisi mengalami berulang dan gairah seksual yang intens dalam menanggapi abadi rasa sakit yang hebat , penderitaan , atau penghinaan . Ini dapat terjadi baik dengan atau tanpa asphyxiophilia,pengalaman gairah seksual dari dibatasi pernapasan . Diagnostik dan Statistik Manual ( DSM - 5 ) dari American Psychiatric Association menunjukkan bahwa seseorang mungkin memiliki kepentingan seksual masokis. Hal ini terjadi dalam hubungan heterosexual maupun homosexual.

Bagaimana Kriteria diagnostik menurut DSM V 302,83 ( F65.51 ) ?

A. Selama periode minimal 6 bulan , berulang dan gairah seksual yang intens dari tindakan dihina , dipukuli , diikat , atau dibuat menderita , sebagai manifested oleh fantasi , mendesak , atau perilaku

B. fantasi,dorongan seksual,atau perilaku yang menyebabkan distress klinis signifikan atau penurunan bidang sosial , pekerjaan, atau daerah lain yang penting dari fungsi .

Menentukan :

Dengan Asphyxiophilia : Jika individu terlibat dalam praktek seksual mencapai gairah yang berkaitan dengan pembatasan pernapasan .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline