Di era digital seperti sekarang ini "prime time" sedikit demi sedikit berubah menjadi "my time". Orang dengan mudah nya menikmati siaran favorit nya kapan saja dimana saja melalui youtube, sedangkan kebiasaan orang memperhatikan headline surat kabar berubah menjadi memperhatikan trending topic di twitter atau hot thread di kaskus.
Dulu ketika kecil saya selalu duduk manis di hari minggu untuk melihat film kartun di tv, namun anak-anak sekarang bisa menikmatinya film kartun kapan saja melalui youtube di telepon pintar. Ketika dulu juga saya selalu melihat tetangga saya membeli koran untuk melihat topik terhangat, namun sekarang anak tetangga saya lebih suka menggunakan twitter dalam mencari informasi, mengetahui kondisi kota Bandung melalui twitter. Melalui akun @infobdg atau melalui akun @infobandung. Kejadian di sekitar bisa diketahui detik itu juga.
Sebagai orang yang berkecimpung di dunia media dan pernah mengenyam pendidikan ilmi komunikasi.Kits tidak dapat menyangkal perubahan ini, jangan sampai dengan menyangkal dan menutup mata, malah kita yang harus diubah oleh keadaan, lebih baik kita segera berubah dan bertahan dengan menyesuaikan terhadap keadaan. Bukankah dinosaurus juga punah karena tidak bisa beradaptasi dengan keadaan?
Bukan hanya dalam menikmati konten konten informasi&komunikasi saja namun dalam Transfer bank, menggunakan ojek, beli barang seperti seperti tas sepatu bisa dilakukan melalui aplikasi yang kita tanam di dalam ponsel pintar kita. Semuanya sudah serba online. Lebih murah, lebih praktis, lebih efisien.
Tayara Kaizen, Bandung Okt 15
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H