Lihat ke Halaman Asli

Taut Idam Adisti

salah satu anggota pengabdian masyarakat oleh mahasiswa gelombang 7 kelompok 20 Universitas Muhammadiyah Malang

PMM UMM GEL 7 Membuat Inovasi Pangan Guna Menunjang UMKM dan Membuat Permen Rempah

Diperbarui: 6 Juli 2021   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

PMM UMM GEL 7 kel 20MEMBUAT INOVASI PANGAN GUNA MENUNJANG UMKM DAN MEMBUAT PERMEN REMPAH UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH.

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa(PMM) merupakan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa pada suatu tempat. Pmm umm gel 7 kel 20 yang beranggotakan 5 orang membuat inovasi pangan berupa nugget sehat berbahan dasar nabati berupa wortel, tahu dan tempe. Makanan ini bisa menjadi pilihan makanan pengganti bagi mereka yang kurang menyukai sayur-sayuran terutama anak-anak . 

Wortel merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan mata, menurunkan kolesterol ,baik bagi penderita diabetes dan juga mampu meningkatkan imunitas tubuh karena kaya akan beta-karoten. Selain itu, tempe dan tahu sebagai sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh dan seringkali dimasukkan ke menu diet. 

Tak hanya itu, tempe memberikan lebih banyak protein, serat, zat besi, dan kalium per porsi. Sementara itu, tahu mengandung lebih banyak kalsium dan lebih rendah kalori.

PMM UMM gel 7 kel 20 juga membuat permen yang berbahan dasar rempah berupa, kayu secang, lemon kering, katu manis dan gula. Kayu secang memiliki kandungan senyawa yang dapat meredakan peradangan. Beberapa riset juga menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang bermanfaat untuk meredakan nyeri, misalnya karena radang sendi dan nyeri otot.

Selain itu, mampu Mengatasi jerawat karena penyebab timbulnya jerawat adalah infeksi bakteri Propionibacterium acnes dan peradangan di kulit. Kayu secang mengandung senyawa brazilin yang bersifat antibakteri, sehingga dianggap dapat mengobati jerawat dengan cara membunuh bakteri. Pembuatan permen rempah akan menjadi daya tarik sendiri karena biasanya rempah hanya dinikmati dengan cara di seduh namun pmm kel 20 membuat inovasi dengan dibuat permen agar lebih mudah dinikmati.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline