Lihat ke Halaman Asli

TauRa

TERVERIFIKASI

Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi The New You dan GITA (God Is The Answer), Pembicara Publik

Tiga Cara Mengubah Stres Menjadi Gres

Diperbarui: 13 Oktober 2020   09:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ubah stres menjadi gres (sumber:tribunnews.com)

Jika ada yang menganggap stres itu selalu buruk, tentu itu adalah hal yang keliru. Stres tidak selamanya bernilai buruk. Justru seseorang itu butuh stres. Dengan stres, seseorang itu akan bertumbuh menjadi lebih baik.

Coba Anda bayangkan, jika di kantor Anda hanya diberikan pekerjaan yang biasa dan standar saja, apakah Anda akan stres? tentu tidak. Apakah Anda akan bertumbuh? tentu juga tidak.

Lalu bagaimana kalau Anda diberikan pekejaan yang sulit? Anda stres? mungkin iya. Apakah Anda bertumbuh dalam hal kemampuan dengan stres itu? sudah pasti. Karena bisa jadi Anda akan belajar hal baru, metode baru atau mungkin ilmu baru.

Pada saat Anda mempelajari hal-hal yang baru itulah justru Anda sedang bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Jadi, jangan pernah memaknai stres selalu buruk. Buruk jika Anda semakin memaknainya buruk dan akan menjadi baik jika Anda bisa mendefinisikannya dengan benar.

Tentu ada yang bertanya, bagaimana jika saya sudah terlanjur berada dalam situasi stres dan bingung untuk keluar dari dalamnya karena sudah terlalu lama stres?

Kabar gembiranya, Anda bergabung dengan jutaan orang yang mungkin sedang mengalami hal yang sama. Tenang, kali ini saya akan berbagi bagaimana cara kita mengubah stres menjadi kembali gres (merasa pikiran kita baru dan segar kembali), sehingga harapannya tentu saja dapat membantu para sahabat "The New You" kembali semangat melalui hari-hari yang penuh tantangan ini ke depan.

Berikut adalah cara mengubah stres menjadi gres yang saya singkat rumusnya menjadi "3R".

Rest  

Ketika pikiran sudah terasa sangat penuh, ketika Anda sudah sangat jenuh melakukan suatu hal, maka istirahat sejenak adalah solusinya. Istirahat tidak hanya akan membuat Anda kembali gres, tetapi juga akan membantu Anda untuk lebih bahagia dalam menjalani hidup.

Istirahat juga akan membantu mengembalikan fikiran Anda lebih tenang dan merangsang otot-otot kreativitas Anda untuk bertumbuh. Jangan paksakan diri Anda untuk bekerja terlalu keras. Sesuatu yang terlalu tidak akan pernah baik.

Ambil waktu jeda. Dan pastikan ketika Anda jeda, maksimalkan untuk beristirahat agar Anda dapat kembali lebih kuat dan lebih brilian dalam hal ide-ide dan kreativitas.

Recreation

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline