Lihat ke Halaman Asli

TauRa

TERVERIFIKASI

Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi The New You dan GITA (God Is The Answer), Pembicara Publik

Hiduplah untuk Memulai, Mulailah untuk Hidup

Diperbarui: 31 Juli 2020   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi :cantik.tempo.co

Seorang teman bercerita kalau perasaannya sedang sangat sedih karena anak nya baru saja meninggal. Kesedihannya terlihat sangat dalam ketika kami menyaksikan sendiri proses pemakaman dan bahkan dia seperti tidak ingin lagi "melanjutkan" hidupnya.

Saya dan beberapa teman tentu sangat memahami kesedihan seperti ini. Saya dan beberapa teman lain juga sudah pernah merasakan kehilangan orang yang dicintai.

Setelah terlihat tenang, saya dan beberapa teman tadi memutuskan untuk pulang. Teman-teman saya menguatkannya dengan kata-kata yang baik dan positif, hingga tiba saat saya bersalaman dengan teman yang kemalangan tadi, saya mengatakan :

"Sahabatku, tetap tabah ya meskipun ini tidak mudah ! Apa yang kau pelajari dari kejadian ini?, coba renungkan ya ! " 

saya menutup pembicaraan dan pergi berlalu.

Beberapa minggu kemudian, saya dan teman saya yang kemalangan tadi bertemu lagi dalam sebuah acara. Tentu kami saling bicara dalam keakraban seperti biasa. Tiba-tiba dia menanyakan kembali kepada saya apa yang saya maksudkan dengan ucapan saya ketika itu : "Apa yang kau pelajari dari kejadian ini..?"

Saya lalu mencoba menjelaskan dengan sederhana.

Hiduplah untuk Memulai

"Sahabatku, yang ingin aku sampaikan kepada mu dan yang perlu kita pelajari bersama adalah kalau waktu itu singkat dan terbatas. Kita hidup ada waktu dan masanya. Kita muda ada waktunya. Sehat ada waktunya dan pada akhirnya hidup ada waktunya. Untuk itu, jika ada yang ingin kau lakukan mumpung masih hidup, maka lakukan lah.

Jangan menunda hingga kau tidak mampu lagi melakukannya. Hidup lah untuk memulai apa saja yang ingin kau lakukan selama itu hal yang baik. Hidup lah untuk memulai mengatakan cinta kepada istrimu, kepada anakmu, kepada orang tuamu, hingga ketika saat perpisaah itu terjadi, tidak ada sesal di dalam jiwa kita. Sahabatku, Hidup lah untuk memulai apapun itu."

Mulailah untuk Hidup

"Setelah kau memulai apa yang ingin kau lakukan dalam hidup, maka mulai lah untuk hidup yang artinya adalah mulai lah nikmati setiap proses dari apa yang kau lakukan. Jangan menjadi "robot-robot" dalam hidup ini yang melakukan aktivitas setiap hari tetapi tidak melakukannya dengan kesadaran penuh. Nikmati dan rasakan apa yang sedang kau lakukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline