Lihat ke Halaman Asli

Taumy Alif Firman

Blogger sekaligus travel enthusiast.

Travel Blogger: Profesi Impian Para Milenial dengan Dukungan Paket Internet Cepat dari IndiHome

Diperbarui: 17 Februari 2023   17:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel Blogger-Profesi yang lagi naik daun (sumber: dokumen pribadi)

Saya pernah ditanya oleh seorang rekan ketika lagi hang out bersama di Palembang. Kala itu, beliau bertanya, "menurut loe kerja paling enak itu seperti apa?"Jawabannya sebenarnya sederhana,"menurut saya kerja paling nyaman itu adalah hobi yang dibayar. Apalagi jika hobinya adalah jalan-jalan". Makanya tidak heran saat ini, Travel Blogger menjadi salah satu profesi impian para milenial. Apalagi memang sudah didukung dengan paket internet cepat untuk akses segala destinasi tujuan.

Jujur. Menjadi Travel Blogger itu memang sesuatu. Bahkan sejak awal kemunculannya, banyak banget loh orang yang tidak tahu. Hanya melihat bahwa, Si A suka jalan-jalan. Keren banget ya. Padahal kalau dipikir, jalan-jalan itu pasti ngeluarin ongkos. 

Nah berbeda dengan travel blogger, aktivitas jalan-jalan ke suatu destinasi wisata malah dibayar. Itulah mengapa, para milenial saat ini banyak yang ingin menjadi travel blogger. Secara liburan dibayar loh.

Tetapi perlu diingat, sebelum memutuskan untuk menggeluti dunia travel blogger maka sebaiknya harus tahu dulu dong hal apa saja yang perlu dipersiapkan sekaligus gambaran seorang travel blogger.

1. Suka Jalan-Jalan dan Review

Namanya saja travel blogger. Pastinya dong kerjaannya itu tidak jauh-jauh dari jalan-jalan dan review suatu tempat. Bahkan nggak hanya sekadar jalan-jalan biasa loh. Biasanya di destinasi yang dituju juga memperkenalkan produk khas daerah tersebut atau malah memperkenalkan produk yang biasa orang gunakan ketika berkunjung ke satu destinasi. Kebayang nggak? Kalau belum, nih saya berikan contoh.

Piaynemo Top View-Raja Ampat (sumber: dokumen pribadi)

Ketika berkunjung ke pantai, biasanya kan disana orang akan menikmati pantai, laut, kuliner dan produk lainnya di sekitar pantai tersebut. Nah, hal-hal seperti ini lah yang sering di review oleh para travel blogger. 

Selain itu juga ada produk yang terkadang dibutuhkan jika liburan ke pantai. Sebut saja tabir surya, celana pantai, baju renang atau malah minuman penghilang dahaga. Produk-produk seperti ini pastinya bakal menjadi salah satu item dalam pekerjaan seorang travel blogger untuk di review.

2. Tidak Gaptek dan Terbiasa Research

Jauh sebelum pandemi, perkembangan teknologi benar-benar pesat. Semuanya dengan mudah kita nikmati termasuk didalamnya penggunaan smartphone dan internet. 

Nah, kedua item ini sangat diperlukan loh oleh seorang travel blogger. Tidak gaptek akan kemajuan teknologi dengan memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada smartphone. Selain itu juga harus terbiasa dalam research kecil-kecilan terhadap destinasi yang akan dituju. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline