Jelang masa Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Sejumlah persiapan dilakukan Unit Security KAI Services untuk menjaga keamanan penumpang di area stasiun, Mulai dari penebalan personil yang disebar di beberapa stasiun hingga penambahan alat komunikasi HT untuk operasional Nataru para personil satuan keamanan KAI Services.
Penebalan personil satuan keamanan dilakukan di beberapa stasiun antara lain Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek, Stasiun Sukabumi, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, Penebalan dilakukan dengan menambah 2 personil sattuan keamanan di setiap stasiun. Mereka ditempatkan di stasiun-stasiun besar yang diperkirakan akan mengalami kepadatan penumpang selama masa liburan Nataru 2024.
Untuk keseluruhan personil yang akan disiapkan di Pulau Jawa dan Sumatera atau di 11 Branch Office, KAI Services menyiapkan kekuatan personil sebanyak 7998 Satuan. Sementara untuk penambahan alat komunikasi HT untuk operasional Nataru para tenaga satuan keamanan sebanyak 182 unit.
Menurut Vice President Corporate Secretary KAI Services, Rachman Firhan, KAI Services melakukan kesiapan untuk menjaga keamanan stasiun demi kenyamanan para penumpang saat melakukan perjalanan. Salah satu langkah yang KAI Services lakukan adalah dengan melakukan Penambahan personil satuan keamanan di setiap stasiun yang ramai dikunjungi para penumpang yang akan melakukan perjalanan di masa liburan Nataru 2024 ini.
"KAI Services sebagai pengelola unit satuan keamanan mempersiapkan petugas security yang akan siaga menjaga keamanan stasiun agar penumpang mendapatkan kenyamanan selama berada di stasiun. Kita melakukan penambahan personil di masing-masing stasiun sebanyak 2 personil dan mereka akan bersiaga menjaga keamanan stasiun yang diperkirakan akan mengalami kepadatan penumpang saat masa liburan Nataru 2024," ujar Firhan.
KAI Services sebagai central of services PT KAI (Persero) selama masa Nataru 2024 ini akan meningkatkan pelayanan di semua unit bisnisnya. Berbagai upaya terus dilakukan mulai dari penambahan personil parkir, cleaning, hingga satuan keamanan. Tidak hanya itu, berbagai training hospitality juga diberikan kepada prama dan prami kereta api agar dapat memberikan pelayanan terbaik selama masa Nataru ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H