Menghadapi masa Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, KAI Services melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan melakukan Training Sales dan Hospitality untuk prama prami kereta api di ruang Auditorium Kantor Pusat KAI Services, Stasiun Mangga Besar, Jakarta, pada Rabu (20/11). Training ini dilakukan selama 5 hari mulai tanggal 18 November 2024 hingga 22 November 2024 dan diikuti 150 orang prama prami.
Materi-materi yang disampaikan dalam training ini antara lain, materi Hospitality dimana peserta diberikan materi personal seperti Basic Service Excellence Attitude, Body Language, Appearance, Communication, Knowledge, dan Personal Approach. Selain teori, peserta juga melakukan praktik bagaimana melakukan pelayanan yang excellence untuk para penumpang.
Selain itu, pengajar yang terdiri dari Tim Sales dan Hospitality juga memberikan materi mengenai SOP (Rule and Regulation), Product Knowledge, serta standar dan dan strategi waktu penyajian makanan. Sementara untuk materi sales, peserta diberikan materi mengenai Selling Time, teknik penjualan, dan pengoperasian sistem trainmart.
Sementara, Director of Consumer Business KAI Services, Lies Permana Lestari, dalam penyampaian materi, mengingatkan kepada prama dan prami yang mengikuti training akan pentingnya service excellence dalam melakukan pelayanan kepada penumpang. Dihadapan para peserta training, Lies menyampaikan pesan untuk memiliki komitmen dalam memberikan pelayanan yang melampaui ekspetasi pelanggan (beyond customer's expectation), menciptakan kepuasan, dan loyalitas, agar terciptanya hubungan yang berkelanjutan.
"Pelanggan yang puas dengan pelayanan kita akan lebih cenderung untuk kembali dan merekomendasikan KAI Services kepada keluarga, kerabat, dan teman-temannya. Hal ini tentunya dapat menciptakan pengalaman (customer experience) juga merupakan destinasi yang memuaskan dan dapat membangun hubungan jangka panjang dengan penumpang" ujar Lies.
Lies menambahkan, dengan memberikan service excellence ini, KAI Services ingin membangun reputasi dan citra perusahaan yang baik dimata pelanggan. Tidak hanya itu, dengan pelayanan luar biasa yang diberikan KAI Services tentunya dapat menciptakan pelanggan setia yang lebih tahan terhadap kompetisi. Kedepannya, pertumbuhan bisnis KAI Services juga diharapkan akan menjadi lebih baik lagi.
"Training ini menjadi persiapan KAI Services untuk menghadapi masa Nataru 2024 bulan depan. Kita akan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya untuk memberikan service excellence kepada para pelanggan kami" ujar Lies.
Fokus utama dalam Service Excellence antara lain meningkatan kualitas interaksi dengan pelanggan, memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara konsisten, serta menciptakan pengalaman yang memuaskan dan membangun hubungan jangka Panjang. Adapun elemen kunci dalam service excellence antara lain, kepuasan pelanggan, kualitas layanan, konsistensi, empati, personalisasi, dan komunikasi yang jelas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H