Lihat ke Halaman Asli

Tauhid Patria

TERVERIFIKASI

karyawan swasta

Tradisi Minum Kopi di Manggar Belitung

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1431710809620129417

Belitung selama ini dikenal sebagai negeri yang memiliki pantai-pantai indah seperti Pantai Tanjung Tinggi yang melejit keindahannya berkat film Laskar Pelangi garapan Sutradara Riri Riza. Selain terkenal dengan keindahan pantainya, di Belitung juga terkenal dengan masyarakatnya yang suka minum kopi di warung-warung kopi yang banyak tersebar di negeri penghasil timah ini. Salah satu tempat di Belitung yang masyarakatnya terkenal suka minum kopi sambil ngumpul-ngumpul di warung kopi adalah Manggar, sebuah kawasan yang terletak di Belitung Timur.

[caption id="attachment_383830" align="aligncenter" width="450" caption="Masyarakat di Manggar Belitung memiliki tradisi meminum kopi di warung-warung kopi (foto, dok pri)"][/caption]

Iya, Manggar merupakan kawasan di Belitung yang begitu terkenal sebagai tempat berkumpulnya para penikmat kopi. Masyarakat Manggar memang sudah sejak lama memiliki tradisi minum kopi yang kuat bahkan mungkin dari jaman kakek nenek mereka yang dahulu juga sudah memiliki tradisi minum kopi di warung.

Karenanya, saat berkunjung ke daerah ini, sudah menjadi pemandangan yang biasa jika warung-warung dijejali orang yang menikmati kopi. Salah satunya di Jalan Jendral Sudirman, Kabupaten Manggar, Belitung. Warung-warung yang ada di jalan ini dipenuhi para penggemar kopi. Kopi-kopi yang disajikan pun beraneka ragam mulai dari kopi hitam, kopi susu bahkan hingga cappuccino.

[caption id="attachment_383831" align="aligncenter" width="450" caption="Sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Manggar, Belitung Timur akan kita jumpai warung-warung kopi yang penuh dengan masyarakat pecinta kopi di Manggar (Foto, dok pri)"]

14317109592020177296

[/caption]

Saya yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Belitung yang kebetulan menjadi kampung halaman Saya ini juga tidak mau ketinggalan untuk ikut berbaur dengan para penikmat kopi di sini sambil menikmati segelas kopi tentu saja . Dari sini, obrolan-obrolan santai mengalirdengan para penikmat kopi yang menjadikan warung kopi seperti rumah kedua bagi mereka. Bahkan dari obrolan ini terjalin keakraban yang mengalir begitu saja dari masyarakat Belitung yang memang terkenal dengan keramahannya.

Sambil menikmati segelas kopi, masyarakat di Manggar terlihat asyik mengobrol membicarakan topik-topik yang menjadi keseharian mereka. Ada pula sebagian dari mereka yang asyik bermain catur. Bahkan, sesekali gelak tawa terdengar dari warung-warung di sini ketika ada seorang yang melucu. Tidak jarang keadaan ini berlangsung hingga larut malam dan mereka seperti tidakmau beranjak sedikit pun dari warung kopi ini.

Bagi Anda pecinta kopi yang ingin merasakan sendiri seperti apa suasana minum kopi di warung-warung kopi di Manggar, silahkan saja berkunjung ke salah satu daerah yang pernah dipimpin Gubernur Jakarta Ahok ini. Jika Anda kebetulan berkunjung ke Belitung, Langsung saja Anda menuju kawasan Jalan Sudirman, Manggar, Belitung Timur untuk menikmati segelas kopi dan duduk santai sambil berbaur dengan masyarakat di sana. Pengalaman ini tentu menjadi hal yang tak terlupakan bagi Anda para pecinta kopi.

[caption id="attachment_383832" align="aligncenter" width="450" caption="Menikmati segelas kopi sambil berbaur dengan masyarakat Manggar tentunya menjadi pengalaman menarik (Foto, dok pri)"]

1431711056524514773

[/caption]



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline