Lihat ke Halaman Asli

Taufiq Sentana

Pendidikan dan sosial budaya

Dayah, Penyangga Pendidikan Islam di Aceh

Diperbarui: 25 Mei 2023   08:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tradisi Dayah di Nurul Ikhwah Nagan Raya. Dokpri. Aceh wilayah barat. 

Dayah, Penyangga Pendidikan Islam di Aceh

====

Dayah merupakan jenis lembaga belajar agama Islam di Aceh. sebagian besar dayah di Aceh terdaftar sebagai lembaga formal dan mendapat persamaan hingga jenjang Aliyah (tinggi)/ ma'had Ali.

Secara tradisionil,  belajar ke dayah sebagai bekal dasar pengetahuan agama si anak. jenjangnya bisa bertingkat. umumnya sama dengan tradisi pesantren di Jawa. dari kelas satu hingga kelas tujuh. atau bahkan sembilan dan sebelas. 

Dayah ini sudah ada sebelum Belanda datang menjajah Indonesia. Kabarnya, dayah tertua ada di Darussalam Aceh Selatan dan mudi mesra Samalanga Bireuen.

Lebih khas lagi,  di Aceh ada badan yang dibentuk khusus menaungi dayah. ialalh Badan Dayah. Walaupun dayah tetap merujuk pada SK dan administrasi versi kementerian agama RI.

Agaknya modernisme tidak mengerus tradisi dayah secara falsafi. sebagian dayah lebih beradaptasi dengan model terpadu dan model dayah modern, tanpa menghilangkan tradisi dayah,  seperti kitab kuning. dayah model ini biasanya mahal, hanya sebagian yang bersubsidi.

Namun,  beberapa dayah tertentu, tetap mempertahankan tradisi kemurniannya, tidak berafiliasi ke kelas formal (sederajat smp dan sma). Program pendidikannya pun relatif lebih murah.

Umumnya para santri memang disiapkan untuk menjadi alim dan ulama di kemudian hari. mereka bisa lanjut belajar ke Timur tengah, atau sekadar ke Jawa,  lalu mendirikan dayah yang baru.

Dayah Berbasis Tahfizh Alquran:

Sejak satu dekade akhir ini,  banyak pula dayah berbasis Alquran, pengajaran Alquran dan menghafalnya.  sambil tetap mendapatkan belajar kitab dasar fiqih, akhlak dan tauhid serta bahasa arab dan  tajwid.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline