Lihat ke Halaman Asli

Taufiq Sentana

Pendidikan dan sosial budaya

Puisi yang Realis, Suatu Catatan

Diperbarui: 19 Maret 2022   17:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. Dok. Pixabay. Humaniora. Puisi yang realis. Kompasiana.

Puisi yang Realis

====

Adakah puisi yang realis itu?  pada prinsipnya ada,  dengan beberapa bentuknya. sosial,  natural atau eksistensial.

Namun,  bila puisi adalah kerja imajinatif dan kerja yang kreatif,  bagaimana memaknai kata "realis" itu. 

Bahkan pada lompatannya,  yang realis bahkan menjadi surealis dan ada yang menyebut hypersurealis, puisi yang betul betul gelap dan absurd.

===

Bisa jadi,  puisi realis bersandar pada realitas seutuhnya. dari awal bait hingga akhir bait,  struktur yang terbangun adalah visi realis seorang penyair terhadap satu peristiwa.

Walaupun demikian,  puisi yang realis,  agaknya tetap memerlukan kata kata pilihan untuk menjaga keindahannya.

Puisi yang realis, tetap bisa membangun "realitasnya" sendiri. suatu peristiwa yang dibentuk oleh si penyair dari pengalaman dan impresinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline