Lihat ke Halaman Asli

Taufiq Sentana

Pendidikan dan sosial budaya

Esensi Tafakkur

Diperbarui: 19 Januari 2022   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. Jam pasir. Dok. Kompas. Humaniora Tafakkur. Kompasiana

Dari beberapa catatan literal yang penulis kumpulkan,  tafakkur merupakan satu pola metoda yang sengaja dirancang oleh Allah swt  dalam mencapai kualitas dan aktualisasi potensi manusia lewat pendidikan.

Tafakkur dirancang secara intruksional, lewat wahyu pertama ke Nabi Muhammad saw, dalam FirmanNya : Iqra'.... 

dan secara kondisional terpaut pada realitas tertentu lewat kajian ayat ayat semesta: sejarah,  penciptaan manusia, pergantian waktu dan musim,   warna kulit dan bahasa manusia, dst

Sehingga seorang yang menempuhnya akan menaiki level  kognisi dan kesadaran tertentu. Seperti makna firmanNya : dan dalam diri sendiri,  apakah kamu tidak memerhatikan dengan teliti?

Esensi dan  aspek tafakkur yang paling mashur,  disebutkan dalam surat Ali Imran (190-192), yang secara prinsipil sebagai sarat pencerahan mental dan intelektual (ulul albab).

Kualitas ulul albab, dalam idealita pendidikan Islam,  hanya dapat dilampaui dengan tafakkur (didahului oleh tazakkur, zikir,  mengingat Allah dalam kondisi apapun).

Maka tafakkur menjadi rangkaian stimulasi semua kualitas inderawi (menghidupkan batin)  untuk mencerna gejala/ peristiwa semesta secara kontinyu dan terencana sesuai tahapan pendidikan yang dimaksud.

Hal itu bisa tersaji dalam teks ataupun kejadian kejadian sosial yang dicerdasi pada ranah pembelajaran, yang sekarang identik dengan pendekatan saintifik.

Namun,  yang menjadi pembeda: puncak gairah tafakkur dalam idealita pendidikan Islam adalah kesadaran akan Kekuasaan Allah,  KesucianNya dan terhindar dari AzabNya, bukan semata mencapai kesimpulan sains dan penemuan-teknologi semata.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline