Lihat ke Halaman Asli

Taufiq Sentana

Pendidikan dan sosial budaya

Dekan FPIK UTU Aceh Barat Melepas Mahasiswa Program Wira Desa

Diperbarui: 1 September 2021   22:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.oleh T.Hamdan

DEKAN FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN (FPIK) MELEPAS MAHASISWA PROGRAM WIRA DESA

Meulaboh -  Universitas Teuku Umar (UTU )| Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) pada tahun ini meluncurkan program baru dengan tajuk pengabdian masyarakat berbasis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Mahasiswa diminta untuk melakukan pendampingan dan pengembangan UMKM agar lebih berkembang dan bisa menjadi salah satu sumber perekonomian masyarakat desa. Hal ini sesuai dengan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat.

Untuk kegiatan yang dimaksud, penyerahan  Mahasiswa Wira Desa ini dilaksanakan di Balai desa Ujung Kalak yang dihadiri langsung oleh koordinator pusat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Universitas Teuku Umar (PKM-UTU).

 Dalam kata sambutannya, beliau mengungkapkan rasa syukur bahwa dalam tahun pertama peluncuran program Wira Desa ini oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK), UTU langsung mendapatkan hibah dana dan menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri dari tiga Perguruan Tinggi Negeri di LLDIKTI Wilayah XIII.

"Alhamdulillah... Pada peluncuran perdana program Wira Desa oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK), Universitas Teuku Umar langsung mendapat hibah dana yang dapat dimaksimalkan untuk melakukan kegiatan pendampingan masyarakat nantinya". Ujar Buk Yarmaliza dalam kata sambutannya.

Dok.oleh T Hamdan


Mahasiswa secara langsung diserahkan oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan bapak Prof. Dr. M. Ali Sarong, M.Si. kepada kepala Desa Ujong Kalak, Pak Patani, SP. Dengan harapan agar dapat menumbuhkan dan mengembangkan usaha berbasis potensi lokal dengan konsep global.

 "Wira Desa ini adalah program dimana masyarakat menjalankan usaha lalu dilakukan pendampingan oleh mahasiswa untuk penumbuhan dan pengembangan usaha yang berbasis lokal, namun berkonsep global" Ujar pak Dekan.

Selaku kepala Desa, Pak Patani sangat mengapresiasi atas terpilihnya Desa Ujung Kalak sebagai mitra Progam ini, dalam sambutannya beliau mengatakan dalam pelaksanaan program ini, pihak aparatur desa akan terbuka kepada adik-adik mahasiswa agar berjalannya program ini dengan baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline