Lihat ke Halaman Asli

Taufiq Nur Azis Smart

Terus memberi manfaat

Keutamaan Mengamalkan Sayyidul Istighfar

Diperbarui: 22 Januari 2021   07:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bacaan sayyidul istighfar dalam dzikir pagi dan petang jika dibaca dengan penuh keyakinan, disebut akan menjamin pembacanya masuk surga jika meninggal.

Berikut adalah bacaan doa sayyidul istighfar beserta artinya sebagaimana diriwayatkan dalam hadits Bukhari:

"Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa anna 'abduka wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika. Mastatha'tu a'uudzu bika min syarri maa shana'tu abuu u laka bini' matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa anta."

Dari Syadad ibn Aus RA, Rasulullah SAW bersabda: "Doa istighfar yang paling utama adalah (...     ) barangsiapa yang membacanya dengan penuh keyakinan ketika sore hari, lalu meninggal pada malam harinya, maka ia akan masuk surga. Dan barangsiapa yang membacanya dengan penuh keyakinan ketika pagi hari, lalu meninggal pada hari itu, maka ia akan masuk surga." (HR. Bukhari).

Berikut ini beberapa keutamaan doa Sayyidul Istighfar:

Masuk Surga

Dalam hadis yang merupakan lanjutan dari hadis di atas, Rasulullah bersabda, "Barangsiapa mengucapkannya pada siang hari dan meyakininya, lalu dia mati pada hari itu sebelum waktu petang, maka dia termasuk penghuni syurga.

Dan barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan meyakininya, lalu dia mati sebelum waktu pagi, maka dia termasuk penghuni syurga".

Ya, syurga dijanjikan bagi orang yang membaca sayyidul istighfar ini baik di siang hari maupun malam hari.

Diampuni Dosa

Istighfar adalah bacaan yang berharap agar diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT atas kesalahan dan khilaf yang terjadi. Bacaan ini menandakan betapa kecilnya Anda di hadapan Allah. Anda sebagai manusia, adalah tempatnya khilaf dan salah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline