Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok untuk mencapai visi atau tujuan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini pemimpin harus mampu mempengaruhi bawahannya untuk mencapai visi dan misi yang ditetapkan baginya. Selain itu, seorang manajer harus dapat menginspirasi karyawannya untuk melakukan pekerjaan mereka untuk mencapai tujuan.
Teori sifat kepemimpinan berfokus pada sifat dan karakteristik pribadi. Karakteristik seperti kepribadian pemimpin, emosional, fisik, intelektual dan karakteristik individu pemimpin lainnya. Ciri-ciri kepribadian, seperti penampilan manajer, bukan seberapa efektif mereka. Ini terkait dengan kewaspadaan, kepercayaan diri, dan integritas pribadi. Karakteristik fisik seperti penampilan, tinggi dan berat badan. Faktor non-fisik lainnya lebih penting untuk dipertimbangkan. Ciri lain dari kepemimpinan yang efektif adalah kecerdasan emosional, tanpanya, seseorang dapat memiliki pendidikan yang sangat baik, pemikiran yang sangat analitis, wawasan yang kuat, dan ide-ide cerdas yang tidak ada habisnya, tetapi itu tetap tidak menjadi pemimpin yang hebat. Sehingga dapat dikatakan bahwa sifat karakter dapat memprediksi kepemimpinan. Ciri-ciri juga merupakan prediktor yang lebih baik dari munculnya kepemimpinan dan kinerja kepemimpinan daripada membedakan antara pemimpin yang efektif dan tidak efektif.
Teori perilaku kepemimpinan adalah teori yang mengusulkan perilaku spesifik yang membedakan pemimpin dari non-pemimpin. Dua studi utama yang mengarah ke model perilaku adalah studi Universitas Ohio dan Michigan. Penelitian Ohio University telah mengidentifikasi dua faktor kepemimpinan, yaitu inisiatif dan kebaikan. Inisiasi struktur adalah sejauh mana seorang manajer mendefinisikan dan struktur peran dan karyawan dalam mencapai tujuan. Ini melibatkan perilaku seorang pemimpin yang mencoba mengatur pekerjaan, hubungan, dan tujuan. Oleh karena itu, sejauh mana manajer dalam hal ini dapat mengatur dan membentuk jaringan komunikasi kerja serta mengevaluasi kinerja kelompok. Kebajikan (pertimbangan) adalah perilaku pemimpin yang mencakup hubungan kerja seseorang, yang ditandai dengan saling percaya, saling menghormati perasaan dan pikiran karyawan, persahabatan, dukungan dan perhatian terhadap kesejahteraan karyawan. Manajer yang ramah membantu karyawan dengan masalah pribadi, manajer yang ramah mudah didekati dan memperlakukan karyawan secara setara serta menunjukkan penghargaan dan dukungan. Model
Fieldler mengembangkan model kesiapan kepemimpinan komprehensif pertama. Model situasional Fiedler menunjukkan bahwa kinerja kelompok yang efektif bergantung pada kesesuaian gaya kepemimpinan dan sejauh mana situasi mengendalikan pemimpin. Identifikasi gaya kepemimpinan Fiedler percaya bahwa faktor kunci keberhasilan seorang pemimpin adalah gaya kepemimpinan dasar seseorang. Yakni, membuat survei LPC (Least Preferred Coworker), yang mengukur apakah seseorang lebih berorientasi pada hubungan atau tugas. Teori kontingensi lainnya adalah Teori Kepemimpinan Situasional (SLT), yaitu teori kontingensi yang berfokus pada kemampuan karyawannya. Jika karyawan tidak dapat atau tidak mau melakukan tugasnya, manajer harus menjelaskan dan memberikan instruksi khusus; Jika tidak mau, pemimpin harus menunjukkan komitmen yang tinggi untuk mengimbangi ketidakmampuan pengikutnya, dan orientasi relasional yang tinggi membuat karyawan mendapatkan apa yang diinginkan pemimpin.
Teori Leader-member Exchange (LMX) menunjukkan bahwa, misalnya, karena tekanan waktu, pemimpin menciptakan hubungan khusus dengan kelompok kecil pengikutnya. Teori ini merupakan teori yang mendukung terciptanya pemimpin dalam kelompok dan kelompok.
Kepemimpinan yang melayani berfokus pada peluangnya untuk membantu pengikutnya tumbuh dan berkembang. Kepemimpinan ini bercirikan melampaui kepentingannya sendiri dan lebih mementingkan kepentingan pengikutnya untuk lebih berkembang. Mereka tidak menggunakan kekuatan mereka untuk mencapai tujuan akhir, tetapi menekankan persuasi . Karakteristik perilaku pemimpin yang melayani meliputi kemampuan mendengarkan dengan baik, tingkat empati yang tinggi, persuasi, memberikan layanan kepada pengikutnya, dan berperan aktif dalam mengembangkan potensi pengikutnya. efek dari kepemimpinan yang melayani, yaitu, satu studi dari 123 supervisor, tingkat komitmen pemimpin yang tinggi, self-efficacy, menghasilkan persepsi keadilan, semua terkait dengan organisasi kewarganegaraan. Kepemimpinan yang melayani dapat meningkatkan potensi tim (keyakinan pengikut bahwa mereka memiliki keterampilan dan kemampuan di atas rata-rata), yang mengarah ke kinerja tim yang tinggi.
Teori kepemimpinan adalah bagaimana seseorang menjadi pemimpin atau bagaimana seorang pemimpin dilahirkan. Beberapa teori kepemimpinan yaitu: 1) Teori kekuatan, teori ini menganggap bahwa seseorang menjadi pemimpin ketika dia memiliki keunggulan atas pengikutnya. Pada dasarnya manfaat seorang pemimpin mencakup tiga hal, yaitu manfaat relasional, manfaat mental, dan manfaat fisik. 2) Trait theory, teori ini menyatakan bahwa seseorang dapat menjadi pemimpin yang baik jika ia memiliki sifat-sifat positif agar pengikutnya menjadi pengikut yang baik, sifat-sifat kepemimpinan yang umum misalnya adil, mau melindungi, penuh percaya diri, penuh inisiatif , menarik, energik, persuasif, komunikatif dan kreatif. 3) Teori Keturunan Menurut teori ini seseorang dapat menjadi pemimpin melalui keturunan atau hereditas, karena orang tuanya adalah pemimpin maka otomatis anaknya menjadi pemimpin dengan menggantikan orang tuanya. 4) Teori karismatik, teori ini menyatakan bahwa seseorang menjadi pemimpin karena memiliki karisma (pengaruh yang sangat tinggi). 5) Teori bakat, teori ini disebut juga teori ekologi yang menyatakan bahwa pemimpin lahir karena adanya bakat. 6) Teori sosial, teori ini beranggapan bahwa pada dasarnya setiap orang bisa menjadi pemimpin.
Selain teori-teori terkenal, Indonesia juga memiliki konsep manajemen Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantoro adalah seorang tokoh dan pelopor pendidikan Indonesia yang mendirikan Perguruan Taman Siswa pada tahun 1922. Untuk memimpin universitas, Ki Hajar memiliki semboyan Jawa yang berbunyi: Ing ngarso Sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. Terjemahan langsung dari semboyan ini adalah: Di depan teladan, di tengah gerakan, di belakang dorongan. Motto tersebut awalnya dimaksudkan sebagai pedoman untuk membangun budaya positif antara guru dan siswa, namun dikembangkan dengan menggunakan konsep sebagai konsep manajemen. Penjelasannya sebagai berikut: a) Ing ngarso Sung tulodho, seorang pemimpin adalah panutan, karena keteladanan menunjukkan seberapa besar tanggung jawab moral seorang pemimpin, karena tindakan, perilaku, pemikiran dan kebiasaannya cenderung mengikuti orang lain, orang lain, b . ) Ing madyo mangun karso, seorang pemimpin berada diantara orang-orang yang dipimpinnya, sehingga ia harus mampu menggerakkan, memotivasi dan mengendalikan sumber daya yang tersedia (pemberdayaan). Pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan untuk memotivasi diri sendiri (motivasi intrinsik), sehingga distimulasi atau tidak, tetap termotivasi. Tingkat motivasi diri jika ada seringkali tidak stabil sehingga motivasi dari luar diri tetap diperlukan (motivasi eksternal). c) Tut wuri handayani, pemimpin harus berada di barisan belakang karena dari belakang pemimpin dapat didorong untuk melanjutkan. Pemimpin lini belakang harus mampu mengikuti barisan di depannya dengan baik, agar gerakan dan arahnya konsisten, sehingga tujuan individu dalam organisasi sesuai dengan tujuan organisasi (goal compatibility). Tanpa konsistensi tujuan, arah pergerakan organisasi menjadi sulit, karena banyak arah yang tidak sama atau bahkan berlawanan. Seorang pemimpin harus bisa melayani, mengayomi (peduli, ngemong: bahasa Jawa). Misalnya, seorang penggembala bebek selalu berjalan di belakang barisan bebek yang sedang digembalakan di punggungnya. Oleh karena itu manajer harus mendorong dari belakang dan tetap mengarahkan individu organisasi untuk mengikuti tujuan organisasi dan dapat memastikan bahwa orang-orang dalam organisasi bekerja sesuai dengan arah dan strategi yang ditetapkan.
Berbicara tentang pendidikan Indonesia tidak lepas dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara, bapak pendidikan Indonesia. Ia terkenal dengan trilogi manajemennya yang sangat dikagumi masyarakat Indonesia. Dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran sehari-hari, hendaknya guru meneladani ketiga gaya kepemimpinan tersebut agar kegiatan belajar mengajar lebih maju dan berkualitas. Namun sering kita jumpai permasalahan di kelas, terkadang guru lebih menekankan pada satu cara pembelajaran yaitu sebagai pembicara atau penyaji. Dia kurang dari seorang instruktur dan lebih dari seorang mediator yang bekerja dengan siswa (dilihat dari hasil pelatihan guru kepala sekolah). Jika hanya sebagai penyaji, suasana kelas akan terasa kurang menarik dan kurang hidup karena siswa tidak aktif berpartisipasi. Meski bapak pendidikan nasional, Ki Hadjar Dewantara mengajarkan trilogi manajemen, yang kini menjadi ajaran tamansiswa dalam dunia pendidikan, terutama saat guru belajar di kelas. Seorang guru harus menjadi pemimpin yang memimpin dengan memberi contoh, membantu siswa dan mendorong siswa untuk maju. Masalah lain yang ditemukan adalah karakter buruk pada siswa saat ini. Aspek negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih mempengaruhi mereka. Akibatnya, moral siswa turun. Karena masalah ini, peran guru di sekolah menjadi penting. Ia harus memberi contoh yang baik agar karakter anak lebih berkualitas, ia harus membimbing dan membantu siswa serta mendorong siswa untuk berkembang dalam hal yang baik.
Dalam konsep kepemimpinan, salah satu tokoh di Indonesia memaparkan tiga filosofi yang dapat dikatakan dan dibutuhkan oleh pemimpin, yaitu pemimpin penuh yang menguasai segala aspek. Salah satu tokoh yang dimaksud di sini adalah Ki Hajar Dewantara yang tidak mengubah konsep pemimpin bukan pada tingkatannya, melainkan peran pemimpin yang dapat ditekankan dalam segala aspek mulai dari depan dan seterusnya. . mencapai peran tengah dan belakang, yaitu pemimpin tidak monoton pada level ini, yang harus ada di depannya. Sebagai seorang pemimpin, Anda memiliki keterampilan untuk mengkoordinasikan dan menggerakkan sumber daya manusia dan alam, serta fasilitas, yang kemudian siap untuk bertindak bersama sebagai tim untuk mencapai tujuan yang diberikan. Pencapaian suatu tujuan mengarah pada terciptanya produktivitas melalui suatu proses yang kedisiplinannya sama pentingnya dengan bentuk tindakan setiap karyawan dalam mewujudkannya. Konsep disiplin dimaknai dari berbagai sudut pandang, dimulai dari disiplin kerja dan waktu serta disiplin sesuai aturan. Kesadaran setiap orang untuk mengikuti aturan selama bekerja, yang nantinya berguna untuk mencapai produktivitas. Tanggung jawab pada tingkatan tertinggi berasal dari kedisiplinan, karena orang tersebut telah menyelesaikan tugas yang diberikan atau diberikan untuk dikerjakan. Namun, yang dikhawatirkan dari kesunyian ini hanyalah ketidakpedulian terhadap lingkungan sekitar dalam menghadapi persoalan terkait penerapan evaluasi. Dalam hal ini diperlukan pendapat masyarakat terhadap setiap kegiatan kepala desa, karena masyarakat juga memerlukan pengaturan dan kepemimpinan untuk memperbaiki taraf hidup agar lebih berhasil dalam menata kehidupan masyarakat. Diantaranya digunakan tipologi kinerja masa pemerintahan kepala desa yang secara retrospektif memiliki tingkat keteladanan yang positif, dan dalam hal ini sudah selayaknya memperhatikan kondisi dan harapan yang berlaku pada masa pemerintahan kepala desa, dan juga karakteristik administrasi kepala desa. masyarakat Seorang pemimpin memang harus menjadi teladan bagi semua yang dipimpinnya, karena dalam kata Ing Ngarsa Sung Tuladha. Seorang manajer yang telah melakukan kelalaian tidak dapat dipersalahkan apabila orang-orang yang berada di bawah pimpinannya juga melakukan kelalaian karena hal tersebut merupakan bagian dari kebijaksanaan manajer.