Lihat ke Halaman Asli

Taufiq Rahman

TERVERIFIKASI

profesional

Dahaga Informasi Ala Kaum "Jelata"

Diperbarui: 27 Juni 2020   15:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto ilustrasi: Figure 1 - "Re-inventing Tabloid Journalism in Indonesia"

Bila Anda adalah salah satu penggemar kopi atau pengunjung setia warung kopi 'murahan' yang biasanya bertebaran di hampir sudut-sudut kota, coba Anda amati dengan teliti: koran apa yang biasanya disuguhkan pemilik warung untuk menemani Anda ngopi?

Apakah Anda juga pernah datang ke kantor bank, atau ke lobby perusahaan-perusahaan besar atau kantor perusahaan apapun di gedung-gedung jangkung? Lalu, coba, perhatikan pula, koran apa yang ditata rapi di meja-meja lobby-nya?

Jika mau, bisa saja sebenarnya pemilik warung menyediakan koran yang sama, yang serupa, seperti yang ditata rapi di meja-meja lobby perusahaan di gedung jangkung itu.

Tapi tidak, kan?

Mengapa?

Di warung kopi 'murahan' atau warung makan pinggir jalan, Anda pasti tahu, korannya hampir serupa: Pos Kota, Lampu Merah dan segenap koran-koran lain yang serumpun. Saya berani bertaruh: tidak di Jakarta tidak di kota lain - sama semua. Di koran-koran ala "lampu kuning" itu, Anda bisa temui cerita copet yang digebuki massa, cerita selingkuh, cerita orang bunuh diri atau judul-judul berita yang serupa "Sedang Mesum dengan Pembantu Tak Sadar Direkam Istrinya".

Dalam kajian media, praktik pemberitaan yang menjual berita-berita yang serupa dengan yang saya tulis di atas, yang menyajikan berita-berita sensasi kerap disebut sebagai jurnalisme tabloid. Sensasi berasal dari kata "sense" (rasa), atau bisa dimaknai sebagai apa yang disebut berita sensasi, yaitu berita yang isinya dan terutama judul dan baris-baris kalimatnya dibuat dengan sedemikian rupa untuk menarik perhatian, membangkitkan perasaan dan meluapkan emosi pembacanya. Dengan demikian, berita-berita koran tersebut harus ditulis dengan bahasa sederhana dan judul yang sensasional, kalau perlu dicetak dengan warna merah untuk memberikan efek merinding, kagum, takjub, dan mengerikan. Pendeknya, judul berita memang harus dibuat begitu untuk membuat perasaan meluap-luap.

Hasil riset yang didokumentasikan dalam tulisan "Re-inventing Tabloid Journalism in Indonesia" yang ditulis Diyah Hayu Rahmitasari, dosen junior di Departemen Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menyebutkan bahwa jurnalisme tabloid itu (sebenarnya) adalah termasuk lanskap atau sudah menjadi bagian dari industri media kontemporer Indonesia. Mereka hadir menawarkan perspektif baru untuk memenuhi dahaga informasi dan selera orang-orang kecil - kelompok pembaca yang 'tak tersentuh' yang diabaikan surat kabar arus utama.

Dengan menggunakan bahasa daerah di sebagian besar tajuk utamanya, dan menggunakan diksi informal dan sederhana, mereka menyajikan berita dan cerita-cerita yang mudah dibaca dan dimengerti oleh orang-orang kecil, yang ternyata jumlahnya sangat besar itu. Buktinya, koran Pos Kota, Lampu Merah dan koran-koran ala "koran kuning" itu berhasil mendapatkan oplah yang sangat besar. Merujuk informasi yang saya peroleh di Wikipedia, Pos Kota adalah surat kabar harian yang memiliki tiras surat kabar harian tertinggi di Indonesia dengan 600.000 eksemplar per hari. Bukan main!

Sementara itu, Lampu Hijau yang sebelumnya bernama Lampu Merah, pada Januari 2017, oplahnya sudah mencapai 40.000 eksemplar per hari.

Dengan oplah yang sebesar 600.000 ribu dan 40.00 per hari itu, setidaknya, sudah bisa membuat kedua koran harian itu terus bertahan di saat banyak media cetak lainnya tak lagi bisa menjaga laju mesin-mesinnya agar terus berputar atau bahkan sudah tutup buku.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline