Lihat ke Halaman Asli

Taufik Uieks

TERVERIFIKASI

Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Buliran Salju Perbatasan Tertinggi di Dunia antara Kyrgyztan dan Tajikistan

Diperbarui: 21 Agustus 2024   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pintu masuk ke Tajikistan dan patung kambing: Dokpri

Setelah sejak pagi berkendara dari Osh, kini Tajikistan sudah ada di depan mata. Tinggal selangkah lagi saja. 

Untuk menuju ke Tajikistan,  kita harus menuju ke Bordobo yang hanya sekitar 20 kilometer saja. Ternyata walau dalam jarak tidak terlalu jauh, tetapi perjalanan cukup sulit mengingat medan jalan yang berliku, mendaki dan kondisi jalan yang kurang baik.  Pada mulanya jalan cukup baik dan lebar walau sebagian besar tidak beraspal alias berkerikil.  Di sini kita juga harus beberapa kali melewati kawanan penggembala ternak.  Pemandangan gunung-gunung dengan atap bersalju dan langit yang biru jernih sangat memanjakan mata. Udara yang mulai sejuk membuat saya harus memakai jaket tebal menutupi rompi yang dibeli di Osh.

Jalan kerikil dan gunung salju: Dokpri

Sekitar 45 menit atau hampir satu jam perjalanan, baru kita sampai di perbatasan Bordobo yang merupakan cek point imigrasi keluar dari Kyrgyztan.  Kalau di Perbatasan Kyrgyz dan Uzbek di Dostuk, kami harus berdesak-desak dengan pelintas batas lainnya, di Bordobo ini bahkan petugas imigrasi lah yang menanti kami dengan sabar.  Di sini kami bahkan dipanggil satu persatu untuk menyelesaikan proses keluar Kyrgysztan.  Jadi kita dapat mengantre sambil duduk di pos yang cukup nyaman di ketinggian lebih 3450 meter menutur gadjet Mbak Retha.  Udara makin dingin, dan setelah mendapat cap keluar Kyrgystan, kami kembali naik kendaraan masing-masing melewati No Mans land menuju ke Cek Point Tajikistan di Kyzyl Art.

Kondisi jalan yang rusak: Dokpri

Tadinya saya menyangka pos perbatasan kedua negara ini sangat dekat seperti di Dostuk. Ternyata masih sangat jauh dan harus melewati jalan-jalan berliku, mendaki, dan kadang sangat rusak dengan jurang-jurang yang menganga sangat dalam.  Namun walau menyeramkan, pemandangan yang sangat indah membayar semua itu.  Langit biru dan puncak  pegunungan Pamir Alay seakan meninabobokan mata hati dan jiwa. Ini adalah permulaan perjalanan yang sudah lama saya impikan. Perjalanan yang kini menjadi kenyataan.  Di sini hamparan salju di musim panas bukan saja ada di atap atau puncak gunung, tetapi kadang-kadang ada juga di hamparan di kiri kanan jalan. Ah saya tidak membayangkan seandainya ke sini di musim dingin.?  Namun menurut Mas Agus sebagian besar jalan akan tertutup salju sehingga rute ini tdak dapat dilewati selama musim dingin.

Indahnya pemandangan: Dokpri

Perjalanan di Bordobo sampai ke Kyzyl Art Pass yang menandakan bahwa kita sudah sampai di tanah Tajik sejauh sekitar 20 kilometer ditempuh sekitar satu jam dengan kondisi jalan yang buruk namun dengan pemandangan yang menakjubkan.  Di sini kita disambut dengan sebuah tugu bertuliskan Tajikistan dalam aksara Kiril dan juga miniatur peta Tajikistan serta patung kambing gunung bertanduk dua. Bedanya dengan patung yang Sary-tash adalah memiliki tanduk yang lebih pendek.

Langit di Karakul: Dokpri

Yang unik lagi adalah ketika sampai di perbatasan Tajikistan, waktu di gadjet saya langsung berubah ke pukul 16.29 walau sebelumnya di Kyrgystan sudah menunjukkan pukul 17.27.  Memang ada satu jam perbedaan waktu antara dua negeri tetangga ini.  Di sini pula kami bertukar kendaraan karena kendaraan saya yang dikemudikan Zhubah merupakan kendaraan dengan registrasi KyrgyZtan. Di sini Syamil sudah menanti dengan kendaraan Tajikistan sebagaimana tiga mobil lainnya. Kami hanya memindahkan koper dan barang bawaan sambil mengucapkan selamat tinggal kepada Zhuba yang harus kembali ke KyrgyZtan.  Ketinggian di sini sudah melebihi 4300 meter.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline