Lihat ke Halaman Asli

Taufik Uieks

TERVERIFIKASI

Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Menembus Garis Batas 15: Salat Jumat 12 Rakaat di Shah-i-Zinda

Diperbarui: 5 Oktober 2023   19:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beranda Summer Mosque: Dokrpi

Selepas mampir ke Masjid Bibi Khanum, waktu menunjukkan hampir pukul 12 siang.  Kebetulan hari Jumat sehingga rombongan kami segera berangkat menuju destinasi berikut yaitu Shah-I -Zinda.  Kami berjalan kaki menyusuri Ulitsa Tashkentkaya melewati Pasar Siyob yang akan kami kunjungi setelah makan siang.

Pintu gerbang Pasar Siyob: Dokpri

Kami terus berjalan dan kemudian melewati jembatan penyebrangan yang cukup ramai. Menurut Mas Agus ini adalah Siyab Bridge atau Siyabskiy Most dalam Bahasa Rusia yang berada di atas jalan raya yang ckup lebar dan ramai yaitu Shah I Zinda Street.   Dulu, sekitar beberapa tahun lalu, jembatan ini belum ada, sehingga kalau ingin ke Sah I Zinda , kita harus menyeberang jalan yang cukup ramai ini.

Jembatan penyeberangan ini menghubungkan kawasan Pasar Siyob, Majid Bibi Khanum di Ulitsa Tashkenkaya ke sebuah Bangunan yang terlihat cantik dan megah.  Daniyor bercerita bahwa bangunan bertingkat dua dengan kubah dan menara yang indah itu adalah Masjid Hazrat Khizr, sebuah masjid tertua yang konon dibangun sejak abad ke 8 walaupun bangunan yang sekarang berasal dari abad ke 19.

Masjid Hazrat Khizr: Dokpri

Siapakah Hazrat Khizr? Ternyata merupakan salah seorang Nabi yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama Nabi Khaidir yang sering menemani Nabi Musa dalam perjalanan. Nabi ini dipercaya masih hidup sampai saat ini dan menjadi pelindung para pengembara.

Tiba di seberang jalan kita sampai di kawasan yang sedikit berbukit dan kemudian menuruni jalan khusus pejalan kaki dengan berbelok kanan menuju ke Kompleks Shah I Zinda.  Di tepian jalan ternyata ada juga pedagang kaki lima yang menjual suvenir, bahkan buah-buahan dan juga makanan kecil dan minuman.  Di hari yang lumayan panas dan karena sudah berjalan cukup jauh, saya sempat membeli sebotol air mineral ukuran sedang, harganya 3000 Sum saja.   Selain itu juga ada es krim yang nantinya saya beli dalam perjalanan kembali ke Siyob Bazaar.

Gerbang Zah I Zinda: Dokpri

Berjalan beberapa ratus meter, kami tiba di depan Kompleks Shah I Zinda.  Kami melewati Gapuranya yang indah, Namun Daniyor menyarankan kami untuk berjalan beberapa puluh meter karena di situ ada toilet. Saya juga melihat ada tempat wudu namun karena mengira bahwa di dalam kompleks Sah I Zinda dan masjid nanti juga ada tempat wudu, saya tidak wudu di sini.

Kami kemudian masuk ke dalam kompleks. Daniyor membeli tiket dan kemudian memulai sejenak tur di barisan paling bawah kompleks pemakaman para bangsawan yang secara harfiah bernamakan The Living Kings.    Di sebelah kiri dekat pintu masuk, ada sebuah masjid dengan beranda yang cukup cantik,  Baru di sini Daniyor berkata bahwa ada baiknya yang akan salat untuk mengambil wudu dahulu karena azan mungkin tidak akan lama lagi dikumandangkan.    Saya kemudian kembali ke toilet di depan dan berwudu lalu kembali ke depan masjid. Di sini saya sudah kehilangan Daniyor dan anggota rombongan yang lain. Mereka mungkin sudah menjelajah ke bagian lain di kompleks yang luas ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline