Lihat ke Halaman Asli

Taufik Uieks

TERVERIFIKASI

Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Ketika Para Capres Naik Haji, Rakyat Jadi Bingung

Diperbarui: 5 Juli 2023   17:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anies dan Kel naik haji: Serambi news

Tahun 2024 mendatang negeri ini kembali akan mengadakan pesta demokrasi Pemilu memilih anggota dewan sekaligus pemilihan presiden. Walau masih satu tahun lagi, namun suasana hangat dan panas sudah sangat terasa di berbagai kubu calon presiden.  

Saat ini ada kubu yang mengusung perubahan dengan capres yang pernah menjabat sebagai Menteri di era Jokowi dan juga Gubernur DKI 2017-2022, yaitu Anies Baswedan.    

Pendukungnya pun lumayan ramai dari berbagai partai politik seperti PKS dan juga Partai Demokrat. Pendukung kubu ini biasanya sangat tidak suka dengan pemerintahan Jokowi sekarang ini dan sering nyinyir dengan segala kebijakan pemerintah seperti pembangunan jalan tol dan apalagi proyek Ibu Kota Negara dan Kereta Cepat Indonesia China. Pemerintah yang sekarang dianggap terlalu dekat dengan Tiongkok dan sudah masuk dalam jeratan hutang Tiongkok.

Sementara partai yang berkuasa saat ini pun sudah mempunyai calon yang juga tidak kalah banyak pendukungnya. Gubernur Jawa Tengah saat ini yang konon juga mendapat dukungan penuh dari Jokowi.  Bahkan Jokowi pun pernah mengumumkan akan cawe-cawe dalam mendukung Ganjar Pranowo.  

Di antara kedua calon ni, juga ada satu calon lagi yang tidak kalah menarik dan memiliki banyak pendukung, yaitu Prabowo Subianto yang sudah beberapa kali menjadi capres walau belum pernah menang. Uniknya Prabowo sekarang menjabar sebagai menteri dalam pemerintahan Jokowi.

Setelah beberapa tahun mendapat batasan, ibadah haji tahun ini kembali diselenggarakan dengan meriah. Lebih 4 juta Jemaah dari seluruh dunia hadir di tanah suci pada perhelatan haji 1444 Hijriyah ini. Indonesia sendiri mendapat kuota paling banyak yaitu lebih dari 221 ribu Jemaah. 

Walau pun begitu, menunaikan haji dari Indonesia sekarang ini bukan hal yang mudah lagi. Walau sudah punya uang, kita harus mengantre selama puluhan tahun.  Pandemi Covid menyebabkan antrean bertambah panjang dan lama. Namun tentu saja ada yang cukup beruntung bisa naik haji tanpa antre, yaitu mereka yang bisa berangkat dengan fasilitas haji furoda.  Konon untuk ini harus membayar hingga ratusan juta.

Selain itu juga ada undangan khusus yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi untuk tokoh-tokoh penting dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia. Nah kuota undangan ini yang kemudian sempat menuai kontroversi ketika salah satu calon presiden, yaitu Anies Baswedan tampil di media sosial dengan menyebutkan bahwa dirinya mendapat undangan khusus dari Raja Salman dan bahkan tinggal di guest house yang eksklusif. Anies bahkan berangkat bersama keluarga karena mendapat undangan khusus itu.

Sontak pendukung Anies memanfaatkan berita yang ada di media sosial ini untuk sekaligus berkampanye menyatakan betapa hebat dan terhormatnya calon presiden ini sehingga menjadi tamu istimewa raja Salman. Bahkan ada foto ketika beliau sedang bersalaman dengan sang raja.  

Namun pendukung Ganjar pun tidak mau kalah. Mereka menyebutkan kalau berita ini adalah hoaks semata karena wajah sesungguhnya adalah wajah presiden Jokowi ketika menunaikan haji beberapa tahun lalu. Bahkan di belakannya ada foto Gibran. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline