Lihat ke Halaman Asli

Taufik Uieks

TERVERIFIKASI

Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

5 Tips Mudik Gratis, No 4 dan 5 Paling Heboh

Diperbarui: 15 April 2023   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mudik Gratis: Smol.id

Bulan Ramadhan sebentar lagi akan segera berakhir, dan sebagian besar dari kita mulai Bersiap-siap untuk mudik. Apa lagi tahun 2023 ini merupakan tahun pertama mudik dibebaskan setelah pada dua atau tiga tahun sebelumnya terkendala pandemi Covid 19. 

Tentunya banyak cara untuk mudik. Bisa naik pesawat, terbang, bus, kereta api, kapal laut, atau kendaraan pribadi baik roda empat atau roda dua sesuai dengan kondisi kesehatan keuangan, dan tentunya jarak kampung halaman kamu masing-masing.  Untuk yang masih sekitaran Jawa Barat dan di bawah 100 kilometer, mungkin dengan roda dua masih dimungkinkan. Tapi kalau sudah terlalu jauh seperti jawa Tengah dan Jawa Timur saat ini sudah tidak disarankan mudik dengan roda dua.   Kalau mudiknya ke Medan atau Papua, tentunya jangan sekali-kali pakai roda dua. Bisa-bisa pulang ke Jakarta sudah tahun 2024.  

Salah satu kendala mudik dengan transportasi umum, baik dengan bus, kereta api atau pesawat terbang adalah harus penuh dengan perencanaan yang baik, karena mendapatkan tiketnya harus jauh-jauh hari.   Karena itu ada lagi satu pilihan yang mungkin belum pernah terlintas dalam benak kamu, yaitu mudik gratis.

Ternyata mudik gratis pun banyak cara dan ragam dengan berbagai tujuan. Yuk kita simak bagaimana cara mendapatkan tiket untuk mudik gratis.

1.Mudik Gratis dengan Bus.

Mudik gratis dengan bus merupakan acara tahunan yang paling sering digelar oleh berbagai perusahaan dan juga instansi pemerintah. Tentunya ada yang terbuka untuk umum dan ada juga yang terbatas untuk komunitas tertentu saja. 

Misalnya saja Polri mengadakan mudik gratis pada 18 dan 19 April dengan berbagai kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dan waktu pendaftaran mulai 29 Maret hingga 12 April 2023 lalu.   Sementara ada juga mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub yang menyediakan lebih dari 500 bus untuk berbagai kota tujuan.

Selain itu berbagi BUMN dan bahkan perusahaan swasta seperti Indomaret dan AlfaMaret juga menyediakan mudik gratis ke berbagai kota di pulau Jawa. Bahkan ada juga yang berasal dari luar Jawa seperti lampung untuk tujuan ke Pulau Jawa.  Tentu saja ada yang tanpa syarat dan ada juga yang dengan syarat berbelanja dengan nominal tertentu. 

Singkatnya untuk mendapatkan tiket mudik gratis dengan bus ini, kamu harus terus menari informasi yang tepat dan usahakan tidak terlambat karena biasanya dimulai sebelum bulan Ramadhan atau pada awal Ramdhan untuk perburuan tiketnya. 

2. Mudik Gratis dengan Kereta Api.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline