Lihat ke Halaman Asli

Taufik Uieks

TERVERIFIKASI

Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Di Madura, Tapi Mirip Singapura

Diperbarui: 25 Maret 2023   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Titik Nol: dokpri 

Setelah mampir berziarah ke Makam Air Mata Oboe di Arosbaya, perjalanan di Pulau Madura terus berlanjut menuju ke pusat kota Sampang.

Walaupun Sumenep dianggap sebagai kota terbesar dan terpenting di Madura, namun secara geografis kota Sampang dapat dianggap sebagai pusat pulau garam ini.

Walau jarak Arosbaya ke Sampang hanya sekitar 60 kilometer, namun karena melalui sebagian jalan yang kondisi nya kurang baik, terutama di kawasan Tanah Merah, maka perlu waktu hampir 2 jam untuk sampai di sana dan senja sudah mulai menjelang.

Kami berjalan mengelilingi pusat kota dan melihat tempat-tempat yang lumayan menarik. Salah satu tempat yang menarik perhatian adalah Monumen Trunojoyo yang berada tepat di Titik Nol Kilometer.

Monumen Triunojori: okezone

Sampang Nol Kilometer, The Epicentrum of Madura, demikian tulisan dengan warna kuning dan putih serta latar belakang cokelat kopi ini.  Belum terlalu jelas apakah semua jalan di Madura menggunakan titik nol di sini dalam acuan kilometernya?  Tanda titik nol ini dibuat dengan dana CSR beberapa perusahaan termasuk SSK Migas.

Yang menarik adalah monumen Trunojoyo yang ada di tengah lapangan di belakang penanda titik nol.  Tugu ini berbentuk tombak dan terdiri dari tiga buah tombak yang melambangkan Iman, Islam dan Ikhsan.

Taman di kawasan ini lumayan cantik dan dalam keadaan bersih dan terawat.  Sesuai dengan moto kota Sampang yaitu BAHARI yang merupakan singkatan Bersih, Agamis, dan harmonis.

Mirip Singapura : dokpri

Yang menarik adalah sebuah tiang besar dan tinggi yang di bagian atasnya terkuak melebar dan ternyata kalau malam diterangi lampu-lampu dan sangat mirip dengan Garden at the Bay yang ada di Singapura.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline