Lihat ke Halaman Asli

Taufik Uieks

TERVERIFIKASI

Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Indonesia Juara Grup A dengan Mengalahkan Korea Selatan 3-2

Diperbarui: 11 Mei 2022   20:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Thomas Indonesia: Detik.com

Indonesia berhasil menjadi juara grup A pertandingan babak penyisihan Piala Thomas 2022 di Bangkok melalui pertandingan dramatis melawan Korea Selatan dengan skor 3-2.  

Pertandingan menjadi sangat menegangkan karena Indonesia lebih dahulu tertinggal 2-0 ketika pemain tunggal pertama Indonesia Anthony Sinisuka Ginting kembali menderita kekalahan melawan tunggal utama Korea, Heo Kwang Hee, 16-21, 21-15, 14-21.   Seperti pada dua kekalahannya ketika melawan Singapura dan Thailand, Ginting bermain tidak pada performa puncak sehingga harus mengakui keunggulan Heo Kwang Hee.  

Korea kemudian memimpin 2-0 ketika pasangan Mohammad Ahsan, Kevin Sanjaya juga harus mengakui keunggulan pasangan Korea Selatan, Kang Min Hyuk, Seo Siung Jae juga dengan rubber set, 18-21-21-13, 12-21. 

Namun Tunggal kedua Indonesia yang turun menggantikan Jojo, Shesar Hiren Rhustavito berhasil menjaga asa Indonesia dengan mengalahkan tunggal Korea Selatan 19-21, 21-8-21-10. Shiren sebenarnya bermain sangat baik terutama di set kedua dan ketiga. Sementara di set pertama memperoleh perlawanan yang seimbang sehingga kalah 19-21.

Pasangan ganda Fajar Alfian dan Muhammad Ryan Ardianto berhasil menyamakan kedudukan melalui pertandingan yang tidak kalah menegangkan melawan Yong Jin dan Na Sung Seung dengan skor 23-21, 21-16.  Fajar Ryan mendapat perlawanan sengit di babak pertama sehingga harus mengalami beberapa kali jus sebelum memenangkannya dengan 23-21.  Di set kedua Fajar Ryan dapat lebih lepas walau sempat mendapat perlawanan di awal-awal set kedua.

Dan siapa mengira bahwa pemenang Grup A harus ditentukan oleh tunggal ketiga.  Indonesia diwakili pemain muda Syabda Perkasa Belawa yang memiliki rangking di atas 600-an melawan Lee Yun Gyu yang juga memiliki rangking di atas 600-an.

Di set pertama, pertandingan cukup ketat sampai akhirnya Syabda berhasil memenangkan dengan skore 21-14..  Namun pertandingan kembali tambah menegangkan ketika di set kedua Syabda terus tertinggal bahkan sampai skor 8-16.   Syabda mencoba mengejar namun akhirnya kalah dengan skor  

Pada set penentuan, pertandingan berlangsung seru. Syabda tertinggal 4-6 dan kemudian 6-11. Tertinggal di interval pertama , Syabda mulai menyusul dengan menyamakan kedudukan menjadi 12-12 dan bahkan unggul 18-15 dan 20-16.   Akhirnya Syabda dapat memenangkan pertandingan dengan skor 21-16

Akhirnya Indonesia mampu mengalahkan Korea Selatan dan menjadi juara Grup A melalui pertandingan yang sangat dramati selama hamoir 6 jam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline