Lihat ke Halaman Asli

Taufik Uieks

TERVERIFIKASI

Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Enam Jalan di Indonesia yang Bernuansa Asing , No 6 Bikin Geram

Diperbarui: 7 Oktober 2019   10:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Kalau kita jalan-jalan ke kota Bandung , sangat banyak nama jalan yang berasal dari nama orang asing seperti  Jalan Pasteur . Namun tentunya pemberian nama tersebut memiliki alasan yang kuat karena untuk mengenang jasa sang tokoh baik buat kemanusiaan maupun Indonesia sendiri.

Ternyata bukan hanya di Bandung terdapat nama jalan yang bernuansa asing. Di berbagai kota dan kawasan lain juga ada dan bahkan ada satu jalur yang membentang ratusan kilo meter di selatan Jawa.

Berikut nama 6 jalan di tanah air yang menggunakan nama orang asing:

1. Jalan P.J Nehru di Medan

Pandit Jawaharlal Nehru merupakan Perdana Menteri India yang sangat terkenal pada masanya. Beliau juga berperan besar bersama. Bung Karno dalam mendirikan gerakan Non Blok pada awal 1960an.

Tidak mengherankan bila namanya diabadikan pada sebuah nama jalan di kota Medan Sumatera Utara. Kebetulan kota Medan merupakan tempat yang penduduknya sangat beragam dan memiliki etnis keturunan India yang cukup signifikan.

2.Jalan Multatuli Rangkas Bitung

Walaupun Multatuli yang memiliki nama asli Edward Douwes Deker ini merupakan orang Belanda , namun beliau ternyata sangat berjasa bagi Indonesia.

Multatuli sendiri ternyata merupakan bahasa Latin yang berarti "Aku yang telah banyak menderita" dan sangat terkenal dengan bukunya yang berjudul "Max Havelaar".

Buku yang berkisah tentang Saijah dan Adinda ini mengambil tempat di kabupaten Lebak sehingga  nama Multatuli pun diabadikan di Rangkas Bitung. Bahkan di kota ini pula terdapat Museum Multatuli.

3. Jalan Patrice Lumumba , Jakarta

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline