Lihat ke Halaman Asli

Taufik Uieks

TERVERIFIKASI

Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Mengembara dalam Pesona Kelezatan Kuliner Timur Tengah di Jakarta

Diperbarui: 6 November 2017   18:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Di Jakarta, tepatnya di Mall@Bassura yang  terletak di Jalan Basuki Rachmat, Jakarta Timur telah dibuka sebuah gerai baru yang cukup fenomenal. Biasanya gerai resto cepat saji lebih banyak menawarkan waralaba yang sudah top baik dari Amerika maupun Jepang.  Namun kali ini yang ditemui di Mall@Bassura adalah sebuah walaba dari Dubai, alias kawasan negri padang pasir di Uni Emirat Arab.

Ketika sampai di Mall@Bassura, masih terpampang baleho dan poster 'Grand Opening' resto bernama "Chiking" dengan janji sensasi 'Ayam Top Dubai". Gerai di Mall@Bassura ini memang baru beroperasi tanggal 26 Oktober 2017 lalu.

Mendengar kata Dubai, yang terbayang adalah sebuah kota modern di tengah padang pasir dimana bertebaran gedung pencakar langit, mal besar dan mewah serta tempat bermain ski di dalam gedung. Dan yang paling penting lagi adalah cita rasa dan eksotisme negri 1001 malam yang juga ditawarkan Dubai dan negri-negri Timur Tengah lainnya. Dan di atas semua itu,  jaminan halal yang tidak perlu diragukan lagi.

Dokpri

Chiking, merupakan nama  waralaba resto halal yang berasal dari Dubai dan sudah ada di negri asalnya sejak tahun 2000. Pada saat ini telah ada di 10 negara seperti Uni Emirat Arab, Oman, Afghanistan, India, Maladewa, Pantai Gading, Pakistan, Malaysia, Inggris, dan Indonesia.  Sebentar lagi Chiking juga akan masuk ke negri di ujung selatan bumi yaitu Selandia Baru.

Gerai di Mall@Bassura ini merupakan outlet  kedua di tanah air. Yang pertama berada di Kota Pahlawan, Surabaya, tepatnya di Royal Plaza, Ground Floor  A1-18, Jalan A.Yani, yang dibuka pada Mei 2017.

Dokpri

Sehari setelah gerai di Mall@Bassura, pada 27 Oktober 2017, juga diresmikan outlet ketiga di Lulu @Big Bumi Serpong Damai di Tangerang.   Gerai kedua di Surabaya juga akan siap melayani pada 11 november 2017.  Sementara masyarakat Bekasi dan sekitarnya juga jangan khawatir, karena giliran Bekasi sudah akan tiba pada Desember 2017 ini. Kota-kota lainnya di Indonesia juga akan segera menyusul.

Lalu apa sih yang membedakan Chiking dengan resto cepat saji lain yang sudah menjamur di Indonesia?  Keunikannya tentu karena resto ini merupakan salah satu merek resto cepat saji internasional yang memegang label halal.  Kehalalannya dijamin bukan hanya untuk yang di Arab dan Indonesia, tetapi di semua cabang dimana saja. Selain itu cita rasa yang ditawarkannya juga unik karena menggunakan ramuan dan rempah-rampah sehingga menghadirkan nuansa Timur Tengah di lidah pelanggan.

Dokpri

"Kami tidak menggunakan penyedap rasa seperti MSG  dan sejenisnya . Singkatnya makanan  yang disajikan di Chiking selain halal tentunya sehat", demikian promosi Angelia Merry, Public Relation Manager, Chiking@Indonesia.

Pada kesempatan kemaren, beberapa makanan andalan sempat saya cicipi, terutama ayam goreng dan ayam bakar serta nasi kuning. Nama kerennya adalah 'Flaming Grilled Chicken" , Original Fired Chicken", dan Chicking Rice.

Dokpri

Ayam bakarnya terasa sedap dan lembut di lidah karena dibuat dari potongan ayam yang paling lezat yang dibumbui secara halus dengan resep perendaman khusus. Rasanya top dan khas serta tajam, berbeda dengan ayam panggang biasa.  Sedangkan ayam gorengnya juga memiliki tekstur yang sama lembutnya, namun terasa lebih 'juicy' karena telah direndam dulu dengan resep rahasia sebelum digoreng.  Menu ini juga  lebih sehat karena tidak terlalu banyak minyak dan kulitnya sudah dibuang terlebih dahulu.

Dokpri

Sedangkan nasi kuningnya sendiri terasa mantap. Dengan bahan beras  basmati yang panjang khas Arabia. Berbeda dengan nasi kebuli dan sejenisnya, 'Chiking Rice" jauh lebih sehat karena tidak terlalu berminyak . Nasi Biryani ini memiliki aroma rempah yang kuat dengan sedikit sentuhan minyak zaitun. Sehat dan lezat demikian pesan yang ingin disampaikan. Kadar gula beras basmati juga sangat rendah sehingga cukup bersahabat bagi yang diet.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline