Lihat ke Halaman Asli

Taufik Uieks

TERVERIFIKASI

Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Bertaburan Cahaya dan Bintang di Victoria Harbour

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1409444771921541755

Hongkong, merupakan salah satu dari beberapa kota di bumi ini yang mendapatkan gelar sebagai kota dunia. Karenanya tidak mengherankan kalau tagline wisata Hongkong menyebutkan wilayah mantan koloni Inggris ini sebagai Asia’s World City.Tentunya Hongkong pantas memiliki gelar itu karena keteraturan, kebersihan, ketersediaan fasilitas umum dan juga banyaknya tempat-tempat wisata yang menarik.

Perjalanan saya kali ini dimulai dari kawasan paling terkenal di Semenanjung Kowloon yang secara harfiah dapat diterjemahkan menjadi Sembilan Naga.Angka sembilan yang dalam kepercayaan orang Cina memiliki berkah keberuntungan dikombinasikan dengan hewan naga yang merupakan hewan mitologis yang melambangkan kekuatan membuat sejengkal tanah di Kowloon menjadi sangat mahal.

14094449271157039256

Saya menyusuri Nathan Road, sepotong jalan di Kowloon yang paling terkenal dan tidak pernah tidur serta dinamakan sesuai dengan nama Gubernur Jendral Hongkong dari abad lalu sambil menikmati kilauan lampu-lampu neonnya yang tersohor.Perjalanan menuju arah selatan berakhir di Salisbury Road dan setelah menyebrang jalan akhirnya saya pun tiba di Victoria Harbour.

Malam baru saja menjemput. Disini, kita dapat menyaksikan parade gedung-gedung pencakar langit yang terletak di Pulau Hongkong. Beberapa gedung terkenal yang menjadi landmark seperti Gedung pusat HSBC, Gedung Bank of China maupun International Finance Centre serta Hongkong Exhibition and Convention Centre yang terletak baik di kawasan Central maupun Wanchai tampak gemerlap lampu warna-warni.

1409445273152043538

Saya terus berjalan menyusuri promenade East Tsim Sha Tsui yang sebagian wilayahnya disebut juga sebagai Avenue of Stars. Maklum saja di lantai tempat pejalan kaki ini, terdapat cetakan tangan para bintang film Hongkong , Taiwan maupun Cina baik yang kawakan dan gaek David Chiang, dan Ti Lung, sampai ke bintang-bintang masa kini seperti Samo Hung.

1409445301110438630

Ribuan wistawan memadatitepian pantai ini dan menikmati pertunjukan sinar laser yang dimainkan dari segala penjuru gedung yang ada di Tsim Sha Tsui, Central dan Wan Chai. Pertunjukan lampu yang diadakan setiap malam ini dinamakan “Symphony of Lights” dan merupakan salah satu andalan wistata yang menyedot jutaan wisatawan setiap tahunnya.

1409445331654086894

Selain tapak tangan para bintang tadi, ada beberapa patung yang menghiasi Avenue of Stars. Salah satu yang yang menjadi favorit para wisatawan adalah bintang kungfu yang paling terkenal dari abad 20 yang meninggal di usia muda di pangkuan bintang seksi Betty Ting Pei, yaitu Bruce Lee.Sementara di pojok lain juga terdapat replika patung Dewi Kemerdekaan yang dibangun untuk memperingati peristiwa Tien An Men.

14094453571342270339

Perjalanan ke Hongkong memang selalu menarik. Baik untuk mereka yang baru pertama kali berkunjung maupun yang sudah menyambanginya berulang kali. Tidak berlebihan kalau di abad lampau Hongkong juga pernah dijuluki sebagai Pearl of the Orient alias mutiara dari Timur.

Hongkong, 31 Agustus 2014




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline