Lihat ke Halaman Asli

taufik rahman

mahasiswa

Tradisi Penulisan Aliran Yaman: Mengenal Karya Sastra dan Kontribusi Intelektual Muslim Yaman

Diperbarui: 15 Juni 2023   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Historiografi Timur Merupakan kepenulisan Sejarah yang berkembang di Kawasan Timur yang identic dengan orang Muslimnya, Kawasan tersebut meliputi Arab Saudi, Makkah, Madinah, Yaman dan lain-lain. Historiografi Islam terjadi ketika adanya pembukuan Al-qur'an menjadi sebuah mushaf. Perkembangan terus terjadi sehingga ilmu pengetahuan menjadi berkembang, banyak melahirkan kajian-kajian keilmuan, salah satunya islah kepenulisan sejarah.

Menurut Husein Nashshar, perkembangan penulisan sejarah atau historiografi Islam pada masa awal kebangkitannya dapat dibagi menjadi tiga aliran, yaitu aliran Yaman, aliran Madinah, dan aliran Irak. Pada awal masa kebangkitan Islam, karya-karya sejarah seringkali mencampur adukkan informasi historis dengan dongeng dan legenda, dan jenis penulisan ini masih merupakan kelanjutan dari historiografi Arab pra-Islam. Ketika bangsa Arab utara (Madinah dan sekitarnya) masih mementingkan orasi dan puisi lisan, bangsa Yaman Telah mementingkan tulis-menulis.

Aliran Yaman ini dalam penulisan sejarahnya lebih bersifat dongeng dan legenda daripada factual atau historis. Maka tak heran jika penulisan aliran Yaman ini dapat dikategorikan sebagai penulisan sejarah yang banyak mengandung khayalan atau cerita-cerita dongeng karena tulisannya ini biasanya berbentuk hikayat  (al-qashash), isinya yaitu berupa cerita khayalan dan dongeng kesukuan. Penulisnya sering disebut tukang hikayat (narrator) dan bukunya sering disebut Riwayat sejarah (Novel Sejarah).

Negara yang memeliki beberapa pulau terpisah ini memiliki kekayaan sejarah peradaban kuno sejak ribuan tahun lalu.Dalam catatan sejarah, Yaman menjadi    bagian    pusat    perdagangan    antara    India,    Cina,    Afrika,    dan Mediterania.

Republik  Yaman diwarnai  oleh  konflik  yang  berkepanjangan,  berawal  dari krisis yang menjadi konflik danmenyebabkan banyak korban, perusakan, kekerasan, dan  anarki.  PBB  menjuluki  krisisYaman  sebagai  "krisis  kemanusiaan  terburuk". Intervensi  dari berbagai  negara  telah  menyebabkan  kecurigaan  terhadap  agenda tersembunyi  pada  konflik.  Dari  sudut  pandang  geopolitik, konflik  ini  strategis  bagi kepentingan negara-negara yang terlibat, sehingga memperlama jalannya konflik dan mempersulit tercapainya  sebuah  resolusi  bagi  Perang  Saudara  Yaman.Ada berbagai faktor  dan  kepentingan  termasuk  ekonomi,  sosial,  agama dan  politik yang  menjadi penyebab konflik di Yaman.

Ibn Sina, juga dikenal sebagai Avicenna, dilahirkan di Bukhara, Uzbekistan,  tetapi memiliki warisan Yaman. Ia adalah seorang dokter, filosof, dan ilmuwan yang menghasilkan banyak karya dalam berbagai disiplin ilmu. Buku medisnya, "Kitab al-Qanun fi al-Tibb" (The Canon of Medicine), menjadi standar otoritas dalam pengobatan di Eropa dan dunia Islam selama berabad-abad. Kontribusinya dalam bidang farmakologi, anatomi, dan filsafat medis masih dihargai hingga saat ini.

Sejak dahulu, Yaman selalu berada di garis depan pasukan Islam Yang berkembang semasa partisipasi mereka dalam tantara Islam, Yaman memberikan banyak pengetahuan. Mereka dengan jelas berpartisipasi dalam pembangunan kota dan benteng, keterlibatan Yaman juga tidak berhenti selama Kekhalifahan. Kontribusi Yaman Bagi Pencapaian Peradaban yang gemilang umat Muslim abad pertengahan sangat besar.

Banyak penduduk yaman yang terjun di kancah kemiliteran kekhalifahan yang turut serta dalam ekspedisi perluasan wilayah Islam yang berakhir sukses.Yaman Banyak Memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap peradaban islam dunia seperti penyebaran pengetahuan dan partisipasinya dalam perluasan wilayah Islam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline