V
PENGGUNAAN MEDIA
Berikut ini akan diuraikan prinsip-prinsip penggunaan dan pengembangan media pembelajaran. Media pembelejaran yang akan dibahas tersebut akan mengikuti taksonomi leshin ( 1992) yaitu media berbasis manusia (guru, instrukteur, tutor, mai peran, kegiatan kelompok, dan lain -lain), media berbasis cetakan (buku, charts, grafik, peta, figure/gambar, transparasi, film bingkai atau slide), media berbasis auduio-visual (video, film, slide bersama tape, telivisi ), dan media berbasis computer ( pengajuan dengan bantuan computer dan video interaktif)
Media Berbasis Manusia
Media berbasis manusia mengajukan dua teknik yang efektif, yaitu rancangan yang berpusat masalah dan bertanya ala socorates. Pembelajaran yang berpusat pada masalah dibangun berdasarkan masalah yang harus dipecahkan oleh pelajar. Langkah - langkah rancanaga pembelajaran ini adlah sebagai berikut :
1. Merumuskan masalah yang relavan
2. Mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang terkait untuk memecahakan masalah
3. Ajarkan mengapa pengetahuan itu penting dan bagaimana pengethauan dapat dieterapkan untuk pemecahan maslah
4. Tuntutan ekspolorasi siswa. Sebagai seorang instruktur untuk pelajaran pemecah maslah, perannya adlah :
a. Membiarkab ekspolrasi siswa tak terintangi partisipasi aktif dan bertanya
b. Membantu siswa membentuk dan menginternalisasi representasi maslah dan tugas