Lihat ke Halaman Asli

Taufik Hidayatullah

universitas Prof DR Hamka (uhamka)

KKNMAs Mahasiswa FEB UHAMKA: Optimalisasi UMKM Kopi dan Ekonomi Digital Guna Peningkatan Ekonomi di Daerah Sulawesi Selatan

Diperbarui: 7 November 2022   16:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

KKNMas Mahasiswa FEB UHAMKA: Optimalisasi UMKM Kopi dan Ekonomi Digital Guna Peningkatan Ekonomi Di Daerah Sulawesi Selatan

Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah-Aisyiyah (Kknmas) adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dari perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah seluruh Indonesia secara Bersama-sama. Pada tahun ini, tema yang diusung dari KKNMas yaitu "Penguatan Agroteknopreneur Berbasis Digital untuk mendukung Industri dan Pariwisata".

Kafilah KKNMas dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR Hamka (FEB UHAMKA) turun serta melaksanakan KKNMas untuk membangkitkan ekonomi masyarakat Sulawesi Selatan lewat berbagai program yang menyasar optimalisasi UMKM kopi dan ekonomi digital guna peningkatan ekonomi di daerah Sulawesi Selatan akibat dampak dari pandemi covid-19.

Penyelenggaraan KKNMAs 2022 berlangsung selama 40 hari dari 31 Juli sampai 13 September yang berlokasi di Sulawesi Selatan khususnya kabupaten Maros, takalar dan gowa. Fakultas ekonomi dan bisnis universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka mengirim 3 mahasiswa dari berbagai program studi, yakni Rachmina (D3 Akuntansi), Taufik Hidayat (S1 Manajemen) dan Imaduddin Al Fanani (S1 Ekonomi Islam).

"Dengan dilaksanakannya kegiatan KKNMas, diharapkan ketiga mahasiswa yang terlibat aktif dapat bekerja sama dalam menjalankan program optimalisasi UMKM kopi dan ekonomi digital guna peningkatan ekonomi di daerah Sulawesi Selatan akibat dampak dari pandemi covid-19 2022," tutur Edi Setiawan selaku wakil Dekan III Feb Uhamka.

Beberapa program dari kafilah KKNMas FEB Uhamka di antaranya adalah digitalisasi UMKM, pengembangan pemasaran produk UMKM, pengembangan olahan hasil pertanian, dan pembangunan Kembali objek wisata yang mengalami tutup sementara dampak akibat COVID-19.

Pada program UMKM, kalifah KKNMas FEB Uhamka  melakukan sosialisasi pemasaran (berikut dengan risiko serta penggunaan dari masing-masing market place digital), pendampingan, dan pelatihan cara pembuatan logo produk untuk UMKM.

Produk yang dihasilkan dalam program UMKM ini di antaranya adalah kopi,tas tenun, bakso dari ikan nila.

"sosialisasi digitalisasi pemasaran, pendampingan, dan pelatihan menjadi sebuah satu kesatuan yang utuh dan pentingnya untuk dilaksanakan dalam kegiatan KKNMas mahasiswa FEB Uhamka sebagai bentuk merealisasikan program yang telah di tetapkan. Akhirnya, kopi,tas tenun, bakso dari ikan nila, pun jadi Iuaran dalam kegiatan", tutur Arif Widodo selaku kaprodi Manajemen.

dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline