Lihat ke Halaman Asli

Taufik Rahman

Perikanan

Analisis Riview Pemasaran Kerupuk Teripang

Diperbarui: 11 November 2021   17:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Analisis Review Pemasaran Kerupuk Teripang

Oleh

Junianto dan Taufik Rahman

  1. Dosen Departemen Perikanan_UNPAD
  2. Mahasiswa Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Perikanan  _ UNPAD, Pangandaran

A. Definisi Produk

  • Produk kerupuk teripang merupakan salah satu produk olahan yang berbahan dasar teripang yang dibentuk secara khas seperti bentuk asli teripang yang memiliki daya simpan lama yaitu 6 -- 12 bulan (Riyandi dan Sumardianto 2004).

B. Analisis Konsumen

Kebutuhan Konsumen

  1. Kebutuhan Konsumen Secara Fisiologi
    Kandungan gizi yang baik pada kerupuk teripang menjadikan alasan bagi konsumen untuk membeli produk kerupuk teripang tersebut, selain itu teripang juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti stroke, kencing manis, kanker, gagal ginjal (Wahyuni et al. 2011). Teripang kering mempunyai kandungan nutrisi sebagai berikut: kadar air 8,90 %, protein 82,0%, lemak 1,70%, abu 8,60%, karbohidrat 4,80%, Vitamin A 455 g %, vitamin B (thiamine) 0,04 mg%, niacin 0,4mg%, riboflavin 0,07mg%, dan kalori 365 cal/100 g (Suryaningrum 2008).
  2. Kebutuhan Konsumen Secara Sosial
    Pembelian produk kerupuk teripang tidak memiliki dampak negatif seperti sanksi sosial karena produk ini disukai oleh masyarakat Asia Tenggara termasuk Indonesia karena harga terjangkau dan mudah didapat.

Organoleptik

  • Kerupuk teripang yang baik memiliki cita rasa gurih, aromanya agak amis, warnanya coklat kehitaman serta tektrur renyah (Wahyuni et al. 2011). Mutu dari kerupuk teripang dinilai dari tekstur, aroma, warna, dan rasa (Ernawati 2013).

Segmentasi Pasar dan Cara Membeli

  • Produk kerupuk teripang dapat dibeli langsung dari warung, pasar swalayan, dan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya.

C. Analisis Persaingan

  • Rival

Produk kerupuk teripang mempunyai banyak rival, karena kerupuk teripang digemari oleh banyak orang dan sebagian besar pengusaha telah mulai untuk bisnis produk kerupuk teripang sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

  • Substitusi

Produk kerupuk teripang memiliki jumlah dua produk substitusi dengan bahan baku yang sama terbuat dari teripang yaitu gonad kering dan usus kering.

  • Potensial Entrants
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline