Lihat ke Halaman Asli

Tati Hidayat

Wanita Biasa

HIV/AIDS Mengancam Penghuni Lapas

Diperbarui: 20 Februari 2019   09:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

HIV/AIDS mengancam penghuni lapas (dokpri)

Tanggal 2 Desember merupakan sebagai Hari AIDS Sedunia. HIV/AIDS bisa mengancam siapa saja. Tidak hanya mereka yang berganti-ganti pasangan, pekerja seksual, para istri dirumah, atau pemakai narkoba.  Berbicara tentang virus ini, ternyata penghuni lapas pun rawan terkena virus HIV/AIDS. 17 Desember 2018 lalu saya dan beberapa blogger berkesempatan mengunjungi Lapas Cipinang Narkotika II Jakarat Timur.

Menghadirkan pembicara di diskusi #SayaBeraniSayaSehat telah hadir
direktur perawatan kesehatan ,Lilik Sujandi BcIP, SIP, MSi, Kalapas  Asep Sutandar, A.Md Ip, S.Sos, M.Si, Dr. Yusman Akbar H kordinator dokter lapas, dr. Wiendra Waworuntu direktur PML, dan ODHA (terkena HIV akibat berganti-ganti jarum suntik)

Mereka (para penghuni lapas) di Cipinang, mayoritas para napi yang tertangkap akibat memakai atau pengedar narkoba. Saat ini Lapas Narkotika sudah over kapasitasnya dari sekitar 1084 napi menjadi 2453 napi dengan fasilitas yang masih kurang maksimal tetapi tetap diberikan pelayanan, pengobatan dan screening.

Dari awal tahun 2000-2006 pengguna heroin pun bertambah banyak jumlahnya. Virus HIV/AIDS baru disadari penyebarannya pada tahun 2003, sehingga Lapas Narkotika pun bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan untuk menanggulangi virus mematikan ini. Sekitar 90 orang/tahun meninggal dunia yang diakibatkan oleh virus HIV/AIDS. 

Bersyukur setelah petugas lapas mendapat pendidikan atau edukasi penanggulangan HIV/AIDS, jumlah itu pun berkurang dari 30 orang meninggal, namun hanya 3 orang yang meninggal akibat HIV/AIDS. Lapas Cipinang pun berupaya memcapai goal "Zero Discrimant" terhadap warga binaan ODHA (Orang Dengan HIV Aids). Agar semua pengawai, petugas dan penghuni lapas tidak melakukan diskriminasi atau menutup diri dan menjauhi ODHA.

Virus HIV/AIDS hanya bisa menyebar jika seseorang melakukan berganti-ganti jarum suntik, dan melakukan hubungan seksual. Untuk mengetahui seseorang terjangkit virus HIV/AIDS adalah dengan melakukan pemeriksaan darah antibodi HIV.

HIV/AIDS mengancam penghuni lapas (dokpri)

Pencegahan HIV dapat dilakukan dengan cara:

-Tidak melakukan hubungan seksual berisiko seperti berganti-ganti pasangan

-Mengikuti program pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak

-Skrining darah donor dan organ tubuh

-Tidak menggunakan narkoba

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline