Lihat ke Halaman Asli

Kenali Komunikasi dalam Bentuk Visual

Diperbarui: 27 Juli 2021   00:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kenali komunikasi dalam bentuk visual

Kebanyakan orang saat ini berpikir bahwa mendesain komunikasi visual identik dengan periklanan, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Yang pasti, periklanan hanyalah salah satu bidang yang diciptakan oleh desain komunikasi visual. Melihat sekeliling, kita tidak menyadari bahwa kehidupan kita sehari-hari dikelilingi oleh produk-produk desain komunikasi visual. Dari bangun di pagi hari hingga tidur di malam hari, pola-pola ini menemani kita sepanjang hari.

Pada dasarnya desain komunikasi visual adalah suatu desain yang menyampaikan gagasan mengkomunikasikan suatu pesan kepada komunikator dengan berbagai cara untuk memvisualisasikan, mengintegrasikan, dan mengekspresikan secara estetis dalam suatu bentuk visual yang komunikasi, efektif, efisien, dan akurat. berubah dengan. Sikap sasaran. Unsur-unsur desain komunikasi visual adalah gambar, foto, teks, warna, dan tata letak pada berbagai media seperti kertas, massa, elektronik, dan audiovisual.

Di sisi lain, kata visi itu sendiri berarti apa yang dapat dilihat dan ditanggapi oleh indera kita, yaitu mata. Bahasa visual yang digunakan dalam bentuk grafik, tanda, simbol, ilustrasi/foto, tipografi/teks, dll. Ini diatur menurut aturan bahasa visual yang khas. Isi pesan diekspresikan secara kreatif dan komunikatif serta berisi solusi dari masalah yang akan dikomunikasikan (secara sosial atau komersial, atau dalam bentuk informasi, identitas, atau persuasi).

Desain Komunikasi Visual dapat didefinisikan sebagai seni mengkomunikasikan pesan (atau seni jika itu komunikasi) menggunakan bahasa visual yang disampaikan dalam bentuk desain oleh media. Komunikasi visual dimaksudkan untuk menginformasikan, mempengaruhi, dan mengubah perilaku audiens target Anda.

Oleh karena itu, desain komunikasi visual mengajarkan berbagai bahasa visual yang dapat digunakan untuk menerjemahkan pikiran ke dalam bentuk visual. Perannya tidak hanya untuk membawa seni dan gambar ke objek, tetapi juga untuk menggeser jiwa seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi.

sumber foto: youtube.com

Adapun seperti iklan branding teh pucuk harum, yang mengambil tema musim panas dan cocok sekali untuk meminum minuman segar. Hal ini menekankan bahwa Teh Pucuk Harum cocok sekali dalam cuaca yang panas, dan hampir disukai seluruh kalangan masyarakat, baik pekerja, pelajar, ibu rumah tangga, maupun anak-anak. Iklan ini bisa sebagai sarana pemasaran Teh Pucuk Harum dalam mempromosikan produknya dan bisa diterapkan di segala aspek usia.

a-60feec2f152510404c5a0ab2.png

sumber foto: youtube.com

Iklan tersebut juga memberi tau kepada konsumen bahwa Teh Pucuk Harum sangat mementingkan kualitas dibalik dari harga yang merakyat, yaitu dengan salah satu scene dengan berisi kalimat “GAK NYANGKUT DI LEHER” jadi dalam menjualkan produknya Teh Pucuk Harum sudah memastikan bahwa produknya layak minum, dan tentunya menghilangkan dahaga di kala terik panas baik di dalam ruangan, maupun di luar ruangan.

i-60feeca806310e6aa0781d62.png

sumber foto: youtube.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline