Lihat ke Halaman Asli

Tata Arya

mahasiswa

Meningkatkan Penerapan E-Wallet, Langkah-Langkah bagi Pengguna Baru

Diperbarui: 18 Agustus 2024   23:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Electronic wallet atau yang biasa disebut dengan e-wallet merupakan alat yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan dan transaksi sehari-hari, pada era digital saat ini.
E-wallet memudahkan Anda dalam menyimpan uang dan melakukan transaksi hanya dengan memenggunakan aplikasi online, tanpa perlu menggunakan kartu kredit ataupun uang tunai. Pemakaian e-wallet bagi pemula, dapat melihat langkah-langkah berikut, yang dapat memudahkan Anda.

1. Memilih e-wallet yang tepat

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memilih e-wallet sesuai kebutuhan Anda. Beberapa faktor yang harus diperhatikan adalah:

Fitur:pilihlah e-wallet yang menyediakan fitur sesuai kebutuhan Anda, seperti belanja online, transfer uang, atau pembayaran tagihan, dll.

Keamanan:pastikan e-wallet yang Anda pilih menyediakan fitur keamanan yang terjamin, misalnya verifikasi dua faktor dan enkripsi data.

Fasilitas:periksa apakah e-wallet yang Anda pilih dapat digunakan diberbagai layanan yang sering Anda pakai.
2. Registrasi dan Verifikasi Akun

Setelah memilih e-wallet, biasanya Anda akan ditunjukkan melakukan registrasi, dengan proses:

Pendaftaran:instal aplikasi e-wallet dari toko aplikasi, dan ikuti petunjuk pendaftaran seperti memasukkan informasi pribadi yang mencakup nama, nomor telepon dan alamat email.

Selanjutnya adalah verifikasi identitas guna meningkatkan keamanan serta mematuhi aturan. Biasanya yang harus dilakukan adalah dengan mengunggah foto identitas dan alamat Anda.

3. Menambahkan dana ke e-wallet

Setelah melakukan dua langkah diatas, akun Anda akan aktif, dan Anda harus menambahkan dana ke e-wallet agar bisa melakukan transaksi. Cara umum mengisi saldo e-wallet seperti tranfer bank atau setor tunai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline