Lihat ke Halaman Asli

Tata Tambi

Tata Tambi sekarang tinggal di Bogor, Jawa Barat.

Mempengaruhi atau Memengaruhi?

Diperbarui: 1 Juli 2024   06:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kompasianer budiman, salah satu bentuk kata kembar atau bersaing dalam bahasa Indonesia adalah mempengaruhi dan memengaruhi. Banyak yang menulis mempengaruhi, namun ada juga yang menulis memengaruhi. Bentuk mana  yang baku dan dianjurkan digunakan?

Kata dasar dari bentuk mempengaruhi dan memengaruhi adalah pengaruh.  Kata tersebut dalam KBBI VI Daring diartikan daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang, benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan seseorang. Berikutnya, kata dasar pengaruh tersebut mendapat imbuhan awal -me dan akhiran -i.

Dalam Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Keempat, awalan (prefiks) -meng jika ditambahkan dengan kata dasar (pangkal) yang dimulai huruf 'p', bentuk -meng berubah menjadi -mem. 

Perhatikan peleburan huruf awal p dalam kata-kata berikut.

pilih  --> me + pilih = memilih (bukan mempilih)

periksa --> me + periksa = memeriksa (bukan memperiksa)

pisah --> me + pisah + kan = memisahkan (bukan mempisahkan)

Kata dasar pilih, periksa, dan pisah semuanya berhufur awal p. Ketika mendapatkan awalan -me, huruf p di awal kata tersebut luluh/lebur. Ini merupakan pola dan asas dalam morfofonemik bahasa Indonesia. 

Berdasarkan penjelasan di atas, apakah pembaca sudah bisa menyimpulkan bentuk kata yang baku, mempengaruhi atau memengaruhi?

Benar, jawabannya, memengaruhi bentuk baku yang dianjurkan digunakan. Pasalnya adalah kata dasar pengaruh harus tunduk pada kaidah k, p, t, s. Sebagaimana kata pilih, periksa, dan pisah di atas, kata pengaruh menjadi,

pengaruh --> me + pengaruh + i = memengaruhi (bukan mempengaruhi).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline