Upaya peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit adalah dengan menerapkan model Peningkatan Kualitas Pelayanan Dan Pendokumentasian asuhan keperawatan profesional metode tim yang dilakukan antara perawat dengan tim medis lainnya yang mengemungkinkan perawat profesional mengatur dalam pemberian asuhan keperawatan termasuk lingkungan untuk menopang pemberian asuhan perawatan tersebut terhadap pasien tersebut.Pengembangan model asuhan keperawatan profesional metode tim dikembangkan untuk menjawab tantangan terhadap kualitas pelayanan dan asuhan keperawatan yang dirasakan belum memuaskan,dan bertujuan antara lain :untuk mengetahui apa itu pelayanan kesehatan,untuk mengetahui apa itu asuhan keperawatan,untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kepuasan pasien.
Kemampuan perawat dalam penanganan pasien kritis dan menjaga mutu pelayanan tidak hanya membutuhkan ilmu dan pengalaman yang cukup,namun juga tingkat kepedulian dalam merawat pasien dengan komunikasi yang efektif.Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi perawat dengan pasien,keluarga pasien serta dengan profesi dengan unit lain.Perawat wajib berkomunikasi dengan pasien sadar maupun tidak sadar pada saat melakukan tindakan keperawatan dan komunikasi penting dilakukan dalam penentuan tingakat kesadaran pasien.Kepada pihak keluarga,perawat perlu mengorientasikan ruangan,keadaan kondisi pasien yang berubah-ubah setiap saat setiap hal-hal penting lainnya gara informasi tentang pasien diterima dengan baik dan kepuasan keluarga pasien dapat tercapai.Hubungan perawatan dengan unit lain atau profesi kesehatan lain juga memerlukan komunikasi dan kerjasama yang baik agar pengelolaan pasien kritis bisa optimal serta sasaran keselamatan pasien dapat tercapai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H