Lihat ke Halaman Asli

tasya cahyani putri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

PMM 19 Gelombang 02 Meriahkan Isra Miraj di KB-TK Insan Karim, Dau

Diperbarui: 18 Maret 2022   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penampilan Dongeng Kak Nini' dan Acil

Acara Isra Miraj di KB-TK Insan Karim, Dau, Kabupaten Malang berlangsung meriah, Jumat 11/3.  Kegiatan yang dinamakan Fun Islam tersebut diadakan oleh kelompok 19 gelombang 02 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dari Universitas Muhammadiyah Malang.

Selain dalam rangka memperingati perayaan Isra Miraj, acara ini juga merupakan wujud dari program kerja dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang tengah dilakukan oleh kelompok 19 di KB-TK Insan Karim. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh peserta didik KB-TK Insan Karim, Guru-guru, dan Wali Murid. 

Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh dua murid TK-B Insan Karim, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lomba mewarnai Asmaul Husna yang diikuti oleh seluruh peserta didik. Selanjutnya diisi dengan pentas unjuk bakat yaitu tari islami oleh para peserta didik berdasarkan tingkatan kelas, mulai dari Kelompok Bermain, TK A, dan TK B. Setelah itu pada inti acara diisi dengan penampilan dongeng bertema Isra Miraj yang dibawakan oleh Kak Nini', pendongeng asal Malang, ditemani oleh Acil, boneka yang digerakkan oleh Kak Nini'.

Tujuan rangkaian kegiatan yang berlangsung adalah untuk memberi edukasi pada peserta didik tentang Isra Miraj dan juga melatih kreatifitas serta keberanian peserta didik. Hal ini sesuai dengan tema pengabdian kelompok 19 yaitu "Upaya Pemberdayaan Yayasan Pendidikan Islam Terpadu "Insan Karim" Untuk Pendidikan Kreatif, Inovatif, dan Menyenangkan". 

Merupakan acara isra miraj pertama yang diadakan di KB-TK Insan Karim membuat pengalaman baru bagi guru dan peserta didik. "Kegiatan ini sungguh menarik yah, biasanya hanya dilakukan kecil-kecilan, kali ini kita bisa membuat semeriah ini. Terimakasih pada kakak-kakak PMM, semoga acara ini dapat bermanfaat bagi kita semua" kata Ngatriani, Kepala Sekolah KB-TK Insan Karim pada awal sambutan acara. 

Pada akhir acara, tidak lupa mahasiswa membagikan hadiah untuk pemenang lomba mewarnai didampingi oleh Kepala Sekolah KB-TK Insan Karim. Penentuan pemenang dikategorikan menjadi dua kategori, yaitu umur 2-3 tahun dan 4-5 tahun.

Penyerahan Hadiah Lomba Mewarnai

Rangkaian acara ini direncanakan dengan matang oleh mahasiswa PMM kelompok 19 gelombang 02,diketuai oleh Elangga Dikma Bahrezzy beserta anggotanya yaitu Tasya Cahyani Putri Albugis, Putri Marta Milena, Nabilah Almas Syahranie, dan Muhammad Alfian Firmansyah. Kelompok ini dibimbing oleh dosen pembimbing lapang yaitu Winda Hardyanti S. Sos., M. Si. yang juga merupakan dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline