Lihat ke Halaman Asli

Tasya Nabila Huryyatun

Mahasiswi Hukum Tata Negara UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Tingkatkan Kedisiplinan Siswa, Upacara di SDN 2 Mulyoagung Berlangsung dengan Khidmat

Diperbarui: 17 Januari 2023   11:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Senin, (16/01/2023) Upacara bendera secara rutin dilaksanakan setiap hari Senin di halaman SD Negeri 2 Mulyoagung. Lebih tepatnya pada pagi hari,  sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Hal ini tidak lain ialah untuk menanamkan rasa disiplin pada setiap pribadi, baik bagi peserta didik maupun para guru sebagai orang dewasa.

Kedisiplinan merupakan hal yang harus ditanam dari sejak dini agar peserta didik bisa membiasakan hidup dengan disiplin. Sebagai relevansinya, salah satu kedisiplinan yang bisa diterapkan di Sekolah adalah upacara bendera yang rutin dilaksanakan pada hari Senin. Dengan ini, peserta didik dapat diberi contoh peraturan yang harus ditaati seperti harus bersikap sempurna selama upacara, tidak mengobrol, harus menghormat bendera, dan mengikuti upacara bendera dengan khidmat. 

Tindakan yang demikian ini juga merupakan pendidikan sikap patriotisme dari sejak dini. Dengan sikap patriotisme, peserta didik SDN 2 Mulyoagung dapat menumbuhkan dalam dirinya rasa menghargai dan menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang untuk memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia yang telah dijajah oleh Bangsa belanda selama 350 tahun dan Bangsa Jepang selama 3,5 tahun yang telah merdeka pada 17 Agustus 1945.

KKM 16 UIN Malang, sebagai tim pelatih para petugas upacara yang dilaksanakan pada hari tersebut, juga hadir dan mengikuti upacara bendera dari awal hingga akhir dengan khidmat. Disertai sesi berpamitan yang diwakili oleh ketua tim KKM 16 UIN Malang, yakni Nohan Gambiya, dan diakhiri dengan sesi foto bersama para guru dan siswa-siswi SDN 2 Mulyoagung beserta pemberian cinderamata sebagai bentuk ucapan terimakasih atas penerimaan dan penyambutan tim KKM 16 UIN Malang di SDN 2 Mulyoagung ini dengan baik.

Dok. pribadi

Dok. pribadi

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline