Lihat ke Halaman Asli

tasya kurnia

Mahasiswi

Gaya Belajar yang Efektif untuk Generasi Milenial

Diperbarui: 24 Mei 2020   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkembangan teknologi informasi yang pesat memudahkan kita dengan berbagai informasi yang sangat mudah untuk kita dapatkan. Tetapi sadarkah jika hal itu juga bisa menjadi tantangan yang juga tidak bisa kita anggap remeh. Hal itu sangat berpengaruh bagi kita yang masih dalam proses belajar.

Semakin canggih teknologinya, sistem belajar pun semakin mudah. Maka dengan itu, generasi milenial terlihat mahir dalam menggunakan teknologi di bandingkan generasi zaman dulu. generasi milenial lebih banyak berinteraksi dengan gawai (gadget) karena dinilai tidak membosankan dibandingkan berkutat dengan buku dan alat tulis. Pencarian yang mudah dan tidak harus membukanya kembali yang membuat generasi milenial tertarik berinteraksi dengan gawai (gadget).

Tetapi kebanyakan para pelajar merasa kesulitan dalam memahami materi yang di setiap pelajaran di sekolah. Apalagi pelajaran yang dianggap menakutkan,pasti langsung menghindar. Maka dari itu bagi pelajar zaman now (milenial) harus punya cara tertentu agar bisa belajar yang efektif. Lalu bagaimana cara agar pelajar milenial efektif dalam belajarnya?

Ada  beberapa gaya belajar yang efektif bagi generasi milenial :

  1. Foto
    Hal yang dimudahkan di era sekarang adalah foto, jika guru,dosen atau mentor telah menjelaskan atau selesai menjabarkan penjelasannya di papan tulis, sudah siap HP dan ambil foto di papan tulis.setelah itu baru mencatat di note book atau buku tulis. Hal itu sangat banyak dilakukan anak generasi milenial.mudah bukan?

  2. Diskusi Via Chatting
    Selain menggunakan media foto, dapat berdiskusi mengenai materi yang belum di mengerti dan temannya tidak perlu repot untuk menjelaskannya langsung atau bertatap muka,bisa lewat chatting. Banyak anak generasi milenial yang melakukan aktivitas tersebut dikarenakan dinilai tidak merepotkan dan dapat mempersingkat waktu.berdiskusi secara online tentang materi yang kurang faham dapat menjadi suatu gaya belajar yang efektif dan dapat menunjang prestasi siswa.

  3. Searching di Google
    Jika lewat teman pun tidak mengerti maka generasi milenial akan tanya kepada mbah google.karena aktivitas yang paling sering di lakukan generasi milenial adalah searching di google karena terdapat segala sumber di dalamnya. Sifat internet yang tidak terbatas maka memungkinkan segala jenis file,buku,dan contoh soal banyak tersedia di internet.

  4. Tutorial lewat Youtube
    Membaca artikel di google juga masih bingung , mungkin penjelasan dengan audio visual akan memudahkan. Sering kali anak akan cepat masuk pelajaran lewat tontonan berupa film atau lainnya. Video tutorial juga sekarang banyak yang tersedia di youtube.seperti bagaimana cara menggunakan alat praga.
             

Itulah cara efektif untuk generasi milenial yang gaya belajarnya berbeda dari generasi sebelumnya. Era sekarang, perkembangan teknologi yang semakin maju mempengaruhi pola pikir manusia. Semakin teknologi maju sistem belajar pun semakin dipermudah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline