Lihat ke Halaman Asli

Tasya Ersa putri

Mahasiswi Komunikasi Institut Pertanian Bogor

Dampak Begadang atau Tidur Larut Malam Dapat Mempengaruhi Fungsi Otak dan Kesehatan Mental

Diperbarui: 17 Maret 2022   00:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi begadng | sumber google kaltara.pikiran-rakyat.com

Sukabumi - Kebiasaan tidur larut malam atau begadang apabila sesekali dilakukan tidak akan menimbulkan efek buruk. Tetapi, jika begadang ini dijadikan kebiasaan kemungkinan dampak buruk akan terjadi pada kesehatan tubuhnya.

Sangat disayangkan apabila begadang dilakukan setiap hari, karena menjadi hal buruk bagi kesehatan tubuh seseorang yang melakukan kebiasaan begadang ini. Hal yang dirasakan setelah begadang sesekali memang hanya merasakan kekurangan tidur atau mengantuk, akan tetapi kebiasaan ini jika dilakukan setiap hari maka akan menimbulkan efek yang buruk.

Hal umum yang dirasakan tubuh dari seseorang yang sering begadang mungkin akan sering menguap, merasa lelah, dan mengantuk. Hal ini sangat menganggu aktivitas di pagi hari dan siang hari karena tubuh yang seharusnya istirahat dimalam hari harus dipaksakan beraktivitas hingga dini hari.

Lalu apa dampak yang mempengaruhi fungsi otak dari seseorang yang mempunyai kebiasaan begadang? Seseorang yang begadang akan membuat fungsi otak nya menurun. Karena otak dan tubuh nya ketika malam hari beraktivitas akan membuat fungsinya menurun karena pada saat pagi hari seseorang yang begadang tidak akan mengirup udara segar dan hal ini membuat fungsi otak tidak berjalan dengan baik karena pola tidur yang tidak teratur.

Tidak hanya penurunan fungsi otak saja yang terpengaruhi dari dampak begadang hal ini juga menyebabkan seseorang mempunyai kesehatan yang buruk dimana ia akan mengalami diabetes, darah tinggi dan jantung.

Otak dan tubuh yang seharusnya malam hari di istirahatkan ini apabila dipaksakan untuk beraktivitas malam hari maka jaringan dan energi untuk tubuh akan mendapatkan hasil yang buruk.

Menurut Yenny, seseorang yang mempunyai kebiasaan begadang tidak hanya kesehatan tubuhny saja yang mengalami dampuk buruk, melainkan kesehatan mentalnya pun akan mengalami dampak yang buruk.

Apa kaitannya begadang dengan mental? Seseorang yang terbiasa begadang akan berpengaruh buruk pada mentalnya karena ia mempunyai perasaan mudah tersinggung, emosi yang tinggi, dan depresi.

Dan depresi merupakan dampak dari kebiasaan begadang karena apabila dibiarkan hal ini sangat tidak baik bagi kesehtan mentalnya. Maka dari itu atur pola tidur yang baik sehingga kesehatan tubuh dan mental terjaga dari dampak yang buruk.  

Penulis & Editor : Tasya Ersa Putri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline