Lihat ke Halaman Asli

Tasha HamidanurFarhana

seorang manusia

KKN Rekognisi UPI: Pelaksanaan Program Kampus Mengajar di Masa Pandemi

Diperbarui: 23 September 2021   07:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo kompasiana...

Pada masa pandemi Covid-19 , segala aktifitas yang dibatasi termasuk aktifitas didalam dunia pendidikan, karena diberlakukan PPKM, namun hal itu bukan merupakan suatu hambatan karena kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan. 

Kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya tentang melaksanakan program kampus mengajar. 

Namun apa itu kampus mengajar? Kampus Mengajar adalah kegiatan mahasiswa mengajar di sekolah dan merupakan salah satu program dari Kampus Merdeka. 

Program ini diprakarsai oleh Bapak Nadiem Makarim yang menjabat sebagai menteri pendidikan saat ini. Bertujuan agar mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia memiliki keterampilan mengajar, dan mengabdi. 

Kegiatan ini di khususkan untuk sekolah dengan wilayah 3T (terdepan, tertinggal, terbelakang) atau sekolah yang masih memiliki akreditasi C atau B atau bahkan belum memiliki akreditasi. Lamanya waktu kegiatan ini yaitu 3 bulan, yang mencakup pembelajaran di semua mata pelajaran. 

Berfokus pada literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, dan bantuan administrasi sekolah. Sebagai bentuk pengabdian mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia di bidang pendidikan, kali ini saya menjalankan program Kampus Mengajar Angkatan 1 yang bertempat SD Islam Subulusalam berlokasi di kota Depok. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Maret hingga 26 Juni 2021. 

Saya bersama 7 rekan mahasiswa ditempatkan di kelas 3 dengan guru kelas yakni Metta Roostina. Kegiatan pembelajaran dilakukan dari hari senin sampai hari jumat dengan metode pembelajaran blended learning (Tatap muka dan daring) dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan. 

Kegiatan ini didampingi oleh dosen pembimbing yakni Anita Damayanti. 

Mengingat dimasa pandemi Covid-19 segala aktifitas dibatasi karena diberlakukannya PPKM namun kegiatan kampus mengajar di SD Subulussalam berjalan sangat baik sesuai dengan yang diharapkan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline