Lihat ke Halaman Asli

Taschiyatul Hikmiyah

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam

5 Tips Menghalau Rasa Malas saat Tugas Berdatangan

Diperbarui: 17 Juli 2021   22:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Google.com

Trik buat kamu yang selalu ngerasa malas buat nugas.

"Ntar aja deh", "Masih lama deadlinenya", "hadeh, pengen rebahan". Gumam yang selalu muncul dalam benak mahasiswa saat lagi numpuk-numpuknya tugas dari kampus.

 Kamu salah satunya?, Yuk simak tips agar kamu bisa semangat terus buat nugas!

Setiap orang memiliki kesibukan masing-masing apalagi mahasiswa yang aktif di organisasi (Mahasiswa aktivis atau  organisatoris). Jangan ditanya soal tugas kuliah aja, mereka bahkan memiliki lebih banyak tugas selain tugas kuliah, tapi  erannya malah kebanyakan yang aktif dikelas adalah mereka yang juga aktif di organisasi, bener kan?

 Mengapa demikian? Hal ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan mereka dalam membagi waktu, melatih kedispilinan, dan banyak hal-hal positif berdasarkan teori yang mereka dapat dari organisasi kemudian mereka aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 Berikut tips agar kamu semangat terus buat ngerjain tugas:

1. Selalu ingat dengan niat pertama kita saat berhasil masuk kampus melalui jalur apapun. Kalau kalian punya niat buat   jadi mahasiswa artinya, kalian juga harus siap fisik dan mental untuk mengerjakan tugas bejibun sekalipun.

2. Mencari mood booster dan menjadikannya prioritas saat mengerjakan tugas. Nah mood booster ini tidak melulu lawan     jenis yaa. Bisa jadi orang tua, sahabat, atau lainnya.

3. Selanjutnya kalian bisa menulis daftar tugas dan disusun dengan tulisan yang rapi, kalau perlu didukung dengan kertas    dan pena yang berwarna, sebagai pendorong biar semangat nugas. Listnya usahakan urut dari yang paling atas adalah tugas dengan deadline jangka dekat.

4. Memberikan reward untuk diri sendiri. Nah reward ini nggak harus yang wow, kalian bisa memulai dengan sesuatu  yang sederhana tapi terasa sebanding dengan effort saat nugas. Bisa jadi dengan jalan-jalan di akhir pekan, menonton  film setelah mengerjakan tugas, atau melakukan hal lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline